Selasa, 20 November 2018

Yanuardi Syukur Raih Pena Award di Bali

5 tahun yang lalu | 11:50 am
Yanuardi Syukur Raih Pena Award di Bali

Baca Juga

DENPASAR, WARTATIMUR.COM-Yanuardi Syukur, Mantan Ketua FLP Sulsel 2004-2006 yang juga Ketua FLP Maluku Utara meraih penghargaan Pena Award untuk kategori buku non-fiksi terpuji. Penghargaan ini diterima pada akhir kegiatan Munas III Forum Lingkar Pena (FLP) yang dihadiri utusan dalam dan luar negeri, di hotel Green Villas, Bali (1/9).

Juri lomba, Helvy Tiana Rosa, sastrawan Indonesia, mengatakan bahwa buku berjudul Terapi Kejujuran karya Yanuardi Syukur memiliki muatan yang baru, dan isinya dapat diaplikasikan.

Selain meraih Pena Award, Yanuardi yang juga dosen Antropologi Sosial Universitas Khairun, Ternate ini juga menjadi nominator sebagai Penulis Terpuji.

Dewan juri Pena Award adalah Helvy Tiana Rosa (Sastrawan, Dosen Sastra UNJ), Habiburrahman el Shirazy (Novelis), Gol A Gong (Novelis, Presiden Rumah Dunia), dan M. Irfan Hidayatullah (Dosen Sastra Unpad, Bandung).

Ucapan selamat pun datang dari berbagai pihak, salah satunya dari novelis Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih Habiburrahman el Shirazy. “Alfu mabruk kepada Yanuardi Syukur dari FLP Maluku Utara atas penghargaan Pena Award 2013 kategori karya Nonfiksi terpuji,” kata Kang Abik.

Dari laman MunasFLP.com, dijelaskan bahwa Anugerah Pena FLP merupakan ajang apresiasi karya 4 tahunan yang digelar Forum Lingkar Pena. Penyelenggaraannya biasanya berbarengan dengan Musyawarah Nasional. Selama riwayat pelaksanaannya, kategori-kategori Anugerah Pena FLP mengalami beberapa perubahan.

Dilaksanakan pertama kali pada tahun 2005, Anugerah Pena kala itu menyajikan 8 kategori dan 3 kategori penghargaan khusus. Kedelapan kategori itu ialah Novel Terpuji, Novel Remaja Terpuji, Cerpen Terpuji, Cerpen Remaja Terpuji, Non-Fiksi, Kaver Buku Terpuji, Penulis Pendatang Baru Terpuji, dan FLP Wilayah Terpuji. (YS)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com