Rabu, 23 Agustus 2017

Wisata Religi di Masjid Syura, Seperti Beribadah di Tanah Suci Mekkah

2 bulan yang lalu | 5:38 am
Wisata Religi di Masjid Syura, Seperti Beribadah di Tanah Suci Mekkah

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (1/6/2017) – Wisata religi di Masjid Syura, seperti beribadah di tanah suci Mekkah. Lantunan ayat-ayat suci mulai terdengar dari speaker di sudut-sudut ruang masjid itu. Pertanda sebentar lagi akan memasuki waktu salat zuhur.

Satu per satu jemaah pria mengambil barisan di atas sajadah hijau yang membentang. Sembari menanti azan zuhur berkumandang, beberapa jemaah terlihat duduk bersila dengan membaca Alquran. Jemaah tampak larut menjalankan ibadahnya dalam masjid yang terletak di Jalan Arif Hakim, Kelurahan Ujung Pandang Baru, Kecamatan Tallo ini.

Masyid Syura, sebuah masjid dengan desain interior mewah dan sejumlah fasilitas yang mampu membuat jamaah merasa nyaman beribadah. Memasuki Masjid Syura, jemaah akan disambut miniatur kakbah dalam masjid tersebut. Kabarnya, bangunan kakbah itu mampu membawa jemaah seperti beribadah di tanah suci Mekkah.

“Kebetulan, Kepala Yayasan Masjid Syura yang merenovasi masjid ini adalah orang yang senang dengan kakbah yang ada di tanah suci Mekkah,” kata H Taju, pengurus Masjid Syura saat ditemui, Rabu 31 Mei 2017.

Masjid yang sudah ada sejak 1980-an ini, semula hanya bangunan masjid biasa dengan desain masjid pada umumnya. Namun, sejak direnovasi pada 2015 lalu, miniatur bangunan kakbah pun dihadirkan.

Hal itulah yang kini menjadi daya tarik tersendiri bagi Masjid Syura. Dihadirkannya miniatur kakbah dalam masjid juga bukan tanpa sebab. Taju mengatakan Kepala Yayasan H Andi Mustamin Anshar memiliki harapan yang besar. Mustamin berharap, jemaah di masjid tersebut tak hanya bisa merasakan sensasi beribadah di tanah suci Mekkah, tetapi juga berdoa agar kelak bisa menjalankan ibadah umrah maupun haji ke tanah suci.

“Masjid dengan menghadirkan bangunan kakbah ini bukan yang pertama, beliau (Mustamin) juga sudah membangun masjid dengan kubah kakbah di Jalan Pacinang Raya, Tello, Masjid Al Fatih Al Anshar,” tambah Taju.

Masjid-masjid dengan menghadirkan bangunan kakbah yang didirikan Mustamin didesain putranya sendiri yang berlatar belakang arsitek. Masjid dengan tiga lantai ini mampu menampung sekitar 1.300 jemaah. Jemaah bisa semakin merasa nyaman dengan kesejukan dari pendingin ruangan (AC) yang cukup memadai dari Masjid Syura.

Tak hanya itu, masjid ini juga dilengkapi kamera CCTV di beberapa sudut masjid. Uniknya, keberadaan CCTV itu bukan untuk mengintai orang-orang yang akan bertindak kriminal di dalam maupun luar masjid, melainkan untuk melihat jemaah yang paling rajin melaksanakan ibadah di Masjid Syura. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com