Jum'at, 21 September 2018

Wali Kota Persembahkan Maket New Balai Kota di HUT RI

1 minggu yang lalu | 3:43 am
Wali Kota Persembahkan Maket New Balai Kota di HUT RI

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (17/8/2018) – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto persembahkan maket New Bali Kota sebagai kado kepada masyarakat Makassar di Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-73.

Kado itu dipersembahkan usai upacara pengibaran bendera berlangsung di Lapangan Terapung, Anjungan Pantai Losari, Jumat (17/08/2018).

Bersama seluruh pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) dan pejabat lingkup Pemkot Makassar, Danny Pomanto memperkenalkan jika rencana pembangunan New Balai Kota direncanakan berlantai 36 dengan ketinggian 230 meter di atas lahan seluas 3,3 hektare di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

“Konsepnya adalah gerbang (gate), jadi multifungsi, yang bulat itu namanya battu ratema ri bulang, artinya orang-orang Makassar sudah pergi ke bulan, dan itu nantinya adalah gedung DPRD Kota Makassar,” jelasnya.

Meski demikian, kata pemimpin inovatif ini, rencana pembangunannya membutuhkan anggaran kurang lebih Rp1 triliun. Sehingga dibutuhkan investor.

Bahkan untuk mendukung rencana pembangunan, Danny Pomanto mengakui sudah mengajukan proposal ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia untuk dimasukkan dalam daftar rencana pinjaman/hibah luar negeri (buku biru) Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)

“Proposal sudah dibuat dan kita masukkan dalam skema KPBU. Insya Allah, saya yakin investasi bisa cepat karena berada pada tempat yang paling strategis. Jadi, kita bangun ini anggarannya Rp1 triliun. Caranya, satu tower untuk mereka (investor), jadi ada apartemen, hotel dan office,” terangnya.

Tak hanya gedung perkantoran, New Balaikota nantinya juga dilengkapi dengan fasilitas heliped dan transpotasi publik berupa Stasiun LRT.

“LRT ini nanti akan menghubungkan bagian utara dan selatan barat timur, tapi barat timur adalah yang menjadi prioritas karena jalur terhadap jalan untuk transportasi hari ini barat timur itu lemah sekali. Jadi saya ingin memperkuat konektivitas barat dan timur,” tuturnya.

Danny bahkan menyebutkan kontruksi fisik untuk proyek tersebut diprediksi sudah bisa dimulai 2019 mendatang. Pasalnya, saat ini, dia tengah merampungkan fisik side (bagian dalam) yang dijadwalkan sudah selesai 10 Oktober, mendatang.

Sementara, untuk gedung balai kota setinggi 11 lantai di Jalan Ahmad Yani, nantinya akan difungsikan untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) Bintang Lima. Sebab, New Balikota diprediksi baru akan berfungsi 2022, mendatang.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com