Selasa, 20 November 2018

Wali Kota Keluarkan SP3 untuk ASN Tak Netral di Pilwalkot Makassar

4 bulan yang lalu | 12:15 pm
Wali Kota Keluarkan SP3 untuk ASN Tak Netral di Pilwalkot Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (29/6/2018) – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dengan tegas memberikan SP3 (surat peringatan 3) kepada Aparatur sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Makassar yang diduga tidak netral pada Pilkada 2018 serentak pada 27 Juni 2018.

Bahkan keterlibatan beberapa lurah pun dikabarkan ikut mengkampanyekan salah satu kandidat wali kota Makassar di Pilwali Makassar 2018.

Dikabarkan pula jika sebanyak 27 ASN terlibat politik praktis di Pilkada serentak 27 Juni 2018 lalu. Hal tersebut membuat Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar, menyiapkan SP3 bagi ASN yang terindikasi melakukan pelanggaran disiplin ASN.

“Pasti saya mengeluarkan SP3, untuk lurah yang tidak netral. Aduan yang masuk juga ada dari mantan camat yang terang-terangan dilaporkan melakukan hal bagi-bagi uang dan juga masuk sebagai tim sukses salahsatu pasangan calon,” ujar Danny Pomanto.

Untuk mengelurakan SP3 Wali Kota Makassar juga melakukan kordinasi langsung dengan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Dimana ia lebih dahulu menyiapkan bukti-bukti dan beberapa aduan yang masuk terkait pelanggaran yang di lakukan para ASN saat Pilkada serentak baik di Pilwali maupun Pilgub Sulsel.

Danny Pomanto menambahkan jika benar adanya lurah dan beberapa eks camat yang terlibat, jelas Pemkot Makassar memberikan sanksi tegas sesuai UU ASN. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dalam PP tersebut, apabila ASN yang diduga melakukan pelanggaran lebih dulu dipanggil secara tertulis oleh pejabat yang berwenang untuk pemeriksaan.

Sementara itu jika pemanggilan tersebut tidak dipenuhi akan dilakukan pemanggilan kedua. Apabila pada tanggal pemeriksaan kedua ASN yang bersangkutan tidak hadir juga, maka pejabat yang berwenang menghukum menjatuhkan hukuman disiplin berdasarkan alat bukti dan keterangan yang ada tanpa dilakukan pemeriksaan.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com