Jum'at, 24 Mei 2019

Wali Kota Dorong DP2 Berikan Knowledge ke Penyuluh Pertanian

2 bulan yang lalu | 3:18 pm
Wali Kota Dorong DP2 Berikan Knowledge ke Penyuluh Pertanian

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (22/2/2019) – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto membuka sosialisasi pengawasan dan perlindungan tanaman yang digelar Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar di Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (22/02/2019).

Di hadapan para kelompok tani dan penyuluh pertanian, Danny Pomanto meminta kepada DP2 Makassar untuk mampu menjawab tantangan pertanian di kota. Apalagi pertanian hidpronik dan pertanian dengan lahan bertingkat tengah dikembangkan.

Menurutnya di tengah limbah perkotaan dan bangunan-bangunan padat penduduk, petani perkotaan harus mampu memanfaatkan lahan yang ada untuk tanaman produktif.

“Makanya dinas terkait harus memberikan ke penyuluh petani di kota Makassar “knowledge’(pengetahuan) dan teknologinya agar bisa lebih maksimal lagi,” pungkasnya.

Dia bahkan memberikan contoh pengembangan sistem yang dilakukan di Singapura. Negara Singa ini mampu mengembangkan budidaya kerang mutiara, ikan dan kepiting dengan lahan bertingkat di ruang yang sempit.

Sehingga kata Danny Pomanto, DP2 Makassar harus lebih maksimal lagi melalui kesempatan kegiatan yang mengangkat tema pengawasan dan perlindungan tanaman dengan pemanfaatan pestisida nabati menuju pertanian ramah lingkungan.

“Budidaya seperti ini disebut aquaculture. Dengan pengetahuan dan teknologi, lahan sempit bisa dimanfaatkan untuk hasil tang maksimal,” terang dia.

Meski demikian, Danny Pomanto menganggap petani kota Makassar sudah sangat luar biasa. Makassar kini telah mampu meningkatkan produksi tanaman cabai. Dan mampu mengontrol inflasi daerah.

“Itu hal luar biasa, apalagi di kota metropolitan ini. Jadi petani-petani perkotaan adalah orang-orang yang luar biasa,” ujarnya.

“Jadi orang kadang-kadang heran, ‘penghasilan lombok di kota Makassar meningkat tajam’. Begitu pun sayur-mayur, Kok bisa? Padahal hanya memanfaatkan ruang-ruang sempit di lorong-lorong,” tambah dia. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com