Rabu, 22 November 2017

Wali Kota Bilang Makassar Ibarat Pusar Bagi Indonesia

5 bulan yang lalu | 9:58 am
Wali Kota Bilang Makassar Ibarat Pusar Bagi Indonesia

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (23/5/2017) – Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, didaulat sebagai tuan rumah Indonesia Smart City Summit 2017 menjelang pencanangan gerakan 100 Smart City di Indonesia. Daerah yang dijuluki Kota Daeng ini pun punya cara khusus guna menuju visi kota dunia.

Mohammad Ramdhan Pomanto menjelaskan konsep kota pintar telah dicanangkan sejak dia terpilih sebagai Wali Kota Makassar pada 2014. Bersama Syamsu Rizal sebagai Wakil Wali Kota, Makassar mulai berbenah, termasuk dalam hal infrastruktur.

Wali Kota yang akrab disapa Danny itu menyebut, pembangunan di daerahnya itu harus lebih melibatkan masyarakat untuk turut dalam implementasi kebijakan. Smart City itu, katanya menjelaskan ringkas, upaya agar pemerintah meningkatkan kelayakan hidup masyarakat dan kenyamanan kota.

Danny menjelaskan, Makassar dapat dikatakan sebagai pusar jika Indonesia diibaratkan tubuh manusia. Maksudnya, Makassar berada pada posisi sentral yang sangat menguntungkan. Apalagi, julukan sebagai gerbang kawasan timur Indonesia telah dikantongi, dan bermanfaat untuk pengembangan ekonomi.

“Makassar adalah kota yang jika kita analogikan itu sebagai tubuh manusia, dia persis di pusarnya Indonesia. Kalau pun salah, paling tidak ke bawah sedikit,” kata Danny berkelakar kepada VIVA.co.id pada Selasa, 23 Mei 2017.

Posisi sebuah daerah, menurut Danny, menjadi penting, terutama dalam hal mengembangkan pembangunan. Beruntung, katanya, Makassar terletak di tepi pantai yang indah, hal itu salah satu keuntungan untuk menarik minat investor dalam hal bisnis atau pun pariwisata.

Di masa kepemimpinan Danny bersama Syamsu Rizal, anjungan Pantai Losari pun dirombak sedemikian rupa dengan desain yang elegan. Meski awalnya dikritik dan diprotes, Pantai Losari kini menjadi salah satu tempat paling digemari masyarakat. Tak hanya warga Makassar, tapi seluruh masyarakat Indonesia hingga dunia.

“Rugi ke Makassar kalau tidak ke Losari. Kami selalu siapkan event menarik, festival atau kegiatan-kegiatan yang digagas anak muda Makassar sendiri,” ujarnya. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com