Jum'at, 22 September 2017

Unik! Ada Lorong Janda di Pulau Barrang Lompo

3 tahun yang lalu | 11:06 am
Unik! Ada Lorong Janda di Pulau Barrang Lompo

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Pulau Barrang Lompo adalah salah satu pulau yang berada di sisi barat Kota Makassar dengan jarak sekitar 13 Km dari kota Makassar. Pulau ini termasukwilayah Kecamatan Ujung Tanah, Makassar.

Pada kunjungan Warta Timur, Minggu (29/9), di pulau dengan luas wilayah 20,38 ha, tidak seperti pulau-pulau kecil lainnya. Pasalnya, di pualu yang padat penduduk ini terbilang pulau dengan fasilitas yang sudah cukup memadai dan sebagian bangunan-bangunan rumah warga berlantai 2.

Di pulau ini yang sedikit berbeda dan unik karena dikenal ada lorong bernama Lorong Janda., istilah ini muncul karena suami-suami di lorong salah satu pulau ini telah meninggal dunia akibat penyakit dekompresi (keracunan nitrogen) saat menyelam teripang karena menggunakan kompresor sebagai alat bantu pernafasan saat menyelam.

“Di pulau ini banyak penyelam teripang yang menggunakan kompresor yang sebenarnya berbahaya, tapi masyarakat di pulau ini tetap menggunakan alat itu karena menggiurkannya harga teripang,” kata salah seorang warga pulau yang tidak mau disebutkan namanya.

Sekedar gambaran, sudah lebih 100 penduduk meninggal dunia di pulau ini akibat menyelam teripang dengan menggunakan kompresor. Sebagian lainnya juga banyak yang lumpuh.(NR)


Penulis : Nirwan
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com