Senin, 21 Agustus 2017

Tunrung Pa’rimpungang Sambut Pak Menteri

1 tahun yang lalu | 4:45 am
Tunrung Pa’rimpungang Sambut Pak Menteri

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (3/2/2016) – Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan disambut Tunrung Pa’rimpungang saat Pertemuan Akbar Masyarakat, TNI & Polri dalam Rangka Menciptakan Ketenteraman, Ketertiban, Ketahanan, dan Keamanan Nasional Tingkat Sulawesi Selatan. Makassar aman, Sulawesi Selatan Tenteram, Indonesia Hebat di Celebes Convention Centre (CCC), Rabu (3/02/2016).

Tunrung Pa’rimpungang, salah satu jenis komposisi musik mandiri yang dibawakan secara ensambel oleh 100 orang penabuh gendang. Tunrung Pa’rimpungang merupakan simbol pemersatu, perekat segala suku, ras, dan agama yang saling menyemangati dalam satu tujuan bersama yakni Todddopuli (kebulatan tekad). Pertunjukan musik tradisional ini dibawakan Sanggar Alam asuhan Daeng Serang Dakko.

Pertemuan akbar dihadiri 12.000 undangan dari berbagai elemen masyarakat Makassar, Maros, Gowa, dan Takalar termasuk Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, dan Kapolda Sulselbar, Irjen Pol. Puji Hartanto Iskandar.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto selaku tuan rumah menyatakan kehadiran 12.000 masyarakat makassar dan Mamminasata berkumpul di CCC merupakan wujud kecintaan kepada negara, “Kita berkumpul di sini karena mencintai Indonesia. Makassar siap menerima amanah nasional, dari Makassar semua bersatu menciptakan Sulsel aman, Makassar 2 x + √ menuju Indonesia hebat,” ungkap Danny.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengingatkan kepada 12.000 peserta Pertemuan Akbar agar menjaga keamanan, kedamaian dan ketenteraman agar terhindar dari konflik seperti yang terjadi di Suriah.

“Indonesia tidak boleh kacau, tidak boleh kalah oleh teroris. Makassar pilar utama Indonesia mempertahankan keamanan RI. Hanya daerah yang aman, dan tenteram kehidupan masyarakatnya bisa maju,” ungkap Syahrul.

Menkopolhukam, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan merasa sangat bangga dan sangat terharu melihat belasan ribu undangan dari berbagai unsur masyarakat yang memadati CCC, “Acara besar seperti ini bisa terlaksana dengan organisasi yang baik, ini berkat kepemimpinan Wali Kota,” ujar Luhut.

Dalam arahannya Luhut menyampaikan kepada masyarakat agar waspada terhadap gerakan terorisme, dan peredaran narkoba yang semakin marak terjadi, “Dalam sehari ada 30 sampai 50 orang yang meninggal karena narkoba. 60% isi penjara kita dipenuhi oleh narapidana narkoba,” bebernya.

Luhut juga mendorong perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar dapat bersaing dalam pasar bebas, dan MEA, “Jangan sampai kita kalah bersaing karena persoalan pendidikan. Kualitas SDM kita harus ditingkatkan,” lanjutnya.

Pertemuan Akbar sore itu ditutup dengan doa dari enam pemuka agama, dan kepercayaan, Konghutju, Islam, Katolik, Hindu, Protestan dan Budha. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com