Senin, 22 Oktober 2018

Transaksi Pembelian Sampah di BSU Makassar Capai Rp1,5 Miliar

2 minggu yang lalu | 2:20 pm
Transaksi Pembelian Sampah di BSU Makassar Capai Rp1,5 Miliar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (24/9/2018) – Nilai transaksi pembelian sampah di Bank Sampah Unit (BSU) oleh masyarakat (nasabah) di seluruh wilayah kecamatan Kota Makassar sudah mencapai Rp1,5 miliar dari total anggaran yang disediakan pemerintah Rp2,9 miliar di tahun anggaran 2018.

Pencapaian ini berdasarkan pembelian sampah kurang lebih 5 ton setiap harinya.

“Sampai September kita sudah membeli sampah senilai hampir Rp1,5 miliar, itu untuk rata-rata pembelian 5 ton sampah per hari. Kardus bisa sampai 5 ton per hari, kalau plastik 2 sampai 3 ton per hari,” kata Kepala UPT Bank Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Narsun, Minggu (23/09/2018).

Meski demikian, nilai transaksi tersebut diakui mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Itu disebabkan beberapa faktor, diantaranya dipengaruhi oleh moment politik. Sehingga daya beli masyarakat (nasabah) berkurang.

“Penurunan ini terjadi di bulan Mei sampai Juli agak turun, nanti Agustus baru agak naik. Kalau tahun lalu itu bulan segini sudah mencapai Rp2 miliar lebih,” ungkap Narsun.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Saharuddin Ridwan menyebutkan, nilai transaksi pembelian sampah hingga Agustus mencapai Rp1,4 miliar. Bahkan, dalam sebulan jumlah transaksi bisa mencapai Rp150 juta.

“Satu bulan itu bisa Rp100-Rp150 juta transaksi. Pembelian per hari bisa Rp5 juta,” tuturnya.

Kata sahar, sapaan akrabnya, keterlibatan masyarakat kota Makassar dalam hal pengolahan sampah melalui program bank sampah terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat, di tahun pertama bank sampah ini terbentuk ada 180 unit bank sampah yang tersebar di seluruh wilayah di Makassar.

Namun, tahun 2016 mengalami peningkatan hingga 300 unit. Bahkan sampai saat ini, jumlah bank sampah telah mencapai 1.000 unit dari 5.247 bank sampah yang ada di Indonesia.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com