Senin, 23 Oktober 2017

Toko Cahaya, Tempat Legendaris Berburu Oleh-oleh Khas Makassar

4 bulan yang lalu | 5:33 am
Toko Cahaya, Tempat Legendaris Berburu Oleh-oleh Khas Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (22/6/2017) – Saat berlibur, akan terasa janggal jika Anda pulang tanpa membawa apa-apa. Biasanya orang-orang menyempatkan membeli oleh-oleh sebelum pulang ke rumah. Terutama bagi keluarga yang notabene berasal dari luar kota.

Bagi Anda yang saat ini sedang liburan di Makassar, sebelum anda pulang sempatkanlah untuk mampir di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Kota. Banyak sekali toko yang menjual oleh-oleh, baik penganan maupun cendera mata.

Toko Cahaya Oleh-Oleh merupakan satu dari sekian tempat membeli oleh-oleh yang terkenal di Makassar. Selain menjual beragam jenis produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan tempat lain, toko ini juga dikenal lantaran telah berdiri sejak lama.

Menurut sejumlah sumber, Toko Cahaya Oleh-Oleh didirikan oleh The Tjang King pada tahun 1905, sebagai salah satu toko oleh-oleh pertama di Makassar. Toko ini berdiri di Jalan Tempelstraat yang kini dikenal dengan jalan Sulawesi.

Pada awal pendiriannya, toko Cahaya Oleh-Oleh menjual produk kacang asin, tenteng kacang dan tenteng wijen khas Makassar. Sebelumnya toko ini bernama Soei Hien Hoo, yang diganti pada tahun 1970-an karena pengaruh politik.

Di toko ini, ada beragam penganan ringan lokal yang dikemas untuk bertahan dalam waktu lama. Misalnya kacang telor, kacang disko, kacang rempah, otak-otak, markisa, dan selai kaya khas Makassar. Juga tersedia aneka suvenir nuansa lokal, seperti kaos, sarung syal sutra bugis, miniatur perahu pinisi, hingga kerajinan perak untuk gantungan kunci.

Pengunjung toko dimanjakan dengan konsep berbelanja a la super market. Anda bisa menenteng keranjang belanja dan leluasa memilih beragam produk sesuai selera dan isi kantong. Jika bingung hendak membeli apa, ada staf yang senantiasa senang hati mengarahkan Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Makassar, ada baiknya mengarahkan tujuan ke tempat ini di Jalan Sulawesi nomor 181. Toko Cahaya Oleh-oleh buka setiap hari, hingga pukul 22.00 WITA. Sejak beberapa tahun lalu toko melakukan ekspansi dengan membuka cabang di sejumlah tempat di dalam kota Makassar. Di antaranya jalan Nusantara dan jalan Perintis Kemerdekaan.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com