Sabtu, 26 Mei 2018

Tingkatkan RTH, Pemkot Makassar Tanam 50 Ribu Bibit Mangrove

3 minggu yang lalu | 8:05 am
Tingkatkan RTH, Pemkot Makassar Tanam 50 Ribu Bibit Mangrove

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (28/4/2018) – Sebanyak 50.000 bibit pohon mangrove akan ditanam di dua kelurahan di Kecamatan Biringkanaya. Penanaman bibit mangrove ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kota dalam meningkatkan ruang terbuka hijau (RTH).

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2), Abd Rahman Bando mengatakan, 50.000 bibit ini ditanam di Kelurahan Bira dan Kelurahan Untia, dengan total lahan seluas 5 hektare.

“Bibitnya itu disediakan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH), di tanam didua kelurahan yaitu Bira dan Untia dengan lahan seluas 5 hektare,” kata Rahman.

Jika merujuk pada rencana awal, pananaman bibit mangrove ini akan dilakukan pada 4 Mei mendatang. Hanya saja, untuk kepastiannya dia masih menunggu keputusan pimpinan, dalam hal ini Plt Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal.

“Rencananya 4 Mei mendatang, tapi finalnya setelah menunggu arahan pimpinan,” lanjutnya.

Sementara, Daeng Ical sapaan akrab Plt Wali Kota menyebutkan, penanaman bibit mangrove ini sebagai rangkaian peringatan hari bumi nasional, may day serta empat tahun kepemimpinan DIA.

“Ada banyak hal strategis dalam penanaman bibit ini, tapi yang paling penting adalah peringatan kepemimpinan DIA yang keempat tahun,” ujarnya.

Salah satunya juga bertujuan untuk menarik partisipasi masyarakat dalam meningkatkan ruang terbuka hijau. Untuk itu, dia melibatkan TNI, Polri, tenaga kontrak, guru honorer, LSM, dan konfederasi serikat buruh.

“Semakin banyak kita libatkan, semakin banyak partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan,” tutupnya


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com