Sabtu, 19 Oktober 2019

Tiga Pengembang Akan Serahkan PSU ke Pemkot Makassar

3 minggu yang lalu | 10:41 am
Tiga Pengembang Akan Serahkan PSU ke Pemkot Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (16/9/2019) – Sedikitnya tiga pengembang perumahan akan menyerahkan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) saat ini sementara melakukan verifikasi lapangan terhadap PSU milik ketiga pengembang.

Diketahui, setiap pengembang wajib menyerahkan PSU ke pemerintah kota sebesar 30% dari luas lahan yang dimiliki. Hal itu berdasarkan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 9/2011 tentang Penyedia dan Penyerahan Prasarana, Sarana, Utilitas, Pada Kawasan Industri, Perdagangan, Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Ketiga PSU yang dimaksud yakni Perumahan Bukit Khatulistiwa I oleh PT Nusasembada Bangunindo di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 14, Kecamatan Biringkanaya; Perumahan Solthana Residence oleh PT Sinar Graha di Jalan Perjanjian Bongaya, Kecamatan Tamalate; dan Perumahan Prima Griya Tonasa oleh PT Prima Karya Manunggal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanya.

Kepala DPKP Kota Makassar, Faturrahman, mengatakan pihaknya akan terus berupaya menyalamatkan sejumlah fasum fasos yang belum diserahkan pengembang ke Pemkot Makassar. “Kemarin sudah rapat dengan pak Sekda, kita verifikasi lapangan dulu sebelum ada penyerahan ke Pemkot Makassar,” kata Faturrahman.

Kata dia, proses penyerahan tidak semudah yang diperkirakan. Sebab, ada mekanisme yang mesti di lewati dan dipastikan. Misalnya luas lahan yang berada di sertifikat apakah sesuai atau tidak.

“Tidak sertamerta langsung diterima. Kita cek dulu tempatnya toh, karena administrasi sudah adami. Sama seperti kalau ada yang mau jual rumah, ada sertifikatnya tapi belum dilihat rumahnya. Pergi dulu dipastikan apakah luas lahan sesuai yang di sertifikat atau bagaimana,” ucapnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com