Selasa, 23 Oktober 2018

Terobosan Baru, Sampah Ditukar Ice Cream

2 tahun yang lalu | 8:33 am
Terobosan Baru, Sampah Ditukar Ice Cream

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (15/8/2016) – Tim program bidang kebersihan kota Makassar terus melakukan inovasi untuk mendorong keterlibatan warga, dan meningkatkan kesejahteraannya terutama yang berada di lorong.

Salah satunya dengan sampah tukar ice cream yang dijalankan di sejumlah bank sampah seperti di Bank Sampah Ballaparang, Karuwisi, Tallo, dan Makassar.

“Diversifikasi produk yang dapat ditukarkan dengan sampah semakin beragam agar masyarakat punya banyak pilihan,” jelas Tim program kebersihan kota Makassar, Saharuddin, Sabtu, (13/08/2016).

Inovasi sampah tukar ice cream digagas bekerjasama dengan Walls area IC east, setiap nasabah bank sampah dapat menukarkan sampahnya dengan ice cream Walls senilai dengan sampah yang ditukarkan. Misalnya, setelah penimbangan harga sampah nasabah sebesar Rp 15.000, nasabah dapat menukarnya dengan ice cream senilai itu.

Bank sampah yang melayani sampah tukar ice cream diperuntukkan bagi bank sampah dengan daya terpasang listrik yang cukup untuk freezer (lemari pembeku) kalaupun tak mampu, bank sampah dapat bekerjasama dengan kios – kios kecil atau ga’de – ga’de yang lazim dijumpai di lorong – lorong.

“Ini membuka peluang bagi masyarakat lorong untuk lebih berdaya lagi. Apalagi jika BULo atau Badan Usaha Lorong mulai berjalan, semuanya dapat bersinergi,” sebut Sahar.

Sampah tukar ice cream yang diawali di bulan Agustus sebagai rangkaian kegiatan menyambut peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang tahun ini genap berusia 71 tahun. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com