Rabu, 18 Juli 2018

Ternyata Makassar Punya Wisata Hutan Bakau

6 hari yang lalu | 9:04 am
Ternyata Makassar Punya Wisata Hutan Bakau

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (16/6/2018) – Siapa sangka Makassar memiliki hutan bakau yang luas. Terletak di Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, sisi kiri jalan tol jika kita dari arah kota. Untuk menemukan lokasinya terbilang mudah.

Ada plang nama bertuliskan Mangrove Center Makassar, Lantebung, sebagai penunjuk, begitu kita memasuki wilayah kelurahan Bira. Hutan bakau di sini memanjang sekira 2 kilometer ke laut lepas, tepat menghadap ke Selat Makassar.

Meski terkesan luas, namun kawasan yang diapit Sungai Tallo dan Sungai Maros ini masih butuh penanaman lagi.

Kehadiran hutan bakau sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Bira yang sebagian besar hidup sebagai nelayan. Apalagi setelah dibangunnya jalur tracking sepanjang 270 meter.

Di jalur ini para nelayan memanfaatkannya untuk menambatkan perahu-perahu mereka. Jalur jalan menuju pantai ini terlihat kontras karena dicat warna-warni.

Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan hutan bakau dengan leluasa. Jalur ini dilengkapi juga dengan Pondok Informasi dan sebuah gazebo. Pengunjung bisa memanfaatkan kedua tempat ini untuk duduk-duduk beristirahat atau sebagai spot foto.

Pengembangan mangrove di kawasan ini, menurut Saraba, sudah cukup lama. Tapi digarap secara swakelola. Belakangan mendapat pembinaan dari DKP Kota Makassar. Setelah itu ada program dari IFAD yang melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

Termasuk memfasilitasi pembentukan kelompok usaha bersama (KUB). Ada KUB nelayan rajungan, KUB nelayan bakau dan KUB nelayan kepiting. Ada juga Pokdakan, yakni kelompok tani tambak.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com