Selasa, 24 April 2018

Tepian Air Makassar Sudah Lama Jadi Ikon Pariwisata

4 minggu yang lalu | 5:57 am
Tepian Air Makassar Sudah Lama Jadi Ikon Pariwisata

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (27/2/2018) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti baru-baru ini menantang pemerintah daerah mempercantik wilayah perairan sebagai tujuan wisata. Jauh sebelum tantangan dilontarkan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, telah mengelola kawasan tepian air sebagai tujuan wisata unggulan.

Anjungan Pantai Losari di kawasan barat kota bahkan jadi salah satu ikon wisata provinsi. Anjungan Pantai Losari berada di jalan Penghibur Makassar. Kawasan seluar 100 ribu meter persegi ini berupa ruang publik yang terletak persis di tepi pantai.

Losari sering digunakan masyarakat setempat maupun wisatawan menghabiskan waktu di petang atau malam hari. Anjungan yang menghadap ke barat menghadirkan pemandangan matahari tenggelam di laut lepas.

Selain kawasan yang luas, Losari juga populer karena mudah diakses dari pusat kota Makassar. Di sekitarnya pun terdapat banyak pusat kuliner dan perbelanjaan yang memanjakan pengunjung.

Masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki kawasan Pantai Losari. Pemerintah Kota juga menyediakan lahan parkir kendaraan tanpa dipungut bayaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid mengungkapkan, Anjungan Pantai Losari menegaskan status Makassar sebagai wilayah strategis di kawasan pesisir. Ikon ini sekaligus mewakili citra kota yang mengarahkan pembangunan berbasis konsep tepian air.

“Itu alasan mengapa kegiatan bertaraf nasional maupun internasional selalu digelar di Losari. Karena kita ingin memperkenalkan Makassar kepada orang di luar sebagai kota tepian air,” kata Rusmayani di Makassar, Selasa, 27 Februari 2018.

Saat ini Anjungan Pantai Losari dikelola Kecamatan Ujung Pandang. Pemerintah mengalokasikan dana untuk memelihara kawasan tersebut secara rutin.

Menurut Rusmayani, salah satu tantangan pemerintah dalam mengelola kawasan wisata adalah menghadirkan kesadaran dan kepedulian masyarakat. Sebagian pengunjung seringkali masih bersikap tak acuh. Misalnya dengan membuang sampah sembarangan. Pemerintah padahal telah berupaya mengadirkan ruang publik yang nyaman.

“Harusnya ikon pariwisata seperti Anjungan Pantai Losari kita pelihara dengan baik. Ini anugerah yang luar biasa bagi Makassar. Karena kalau kita lihat di luar negeri, sangat mahal untuk mendapatkan suasana dan pemandangan seperti di tempat ini,” ujarnya. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com