Senin, 22 Oktober 2018

Target Pajak Hotel Naik Rp10 Miliar, Bapenda Makassar Optimistis

2 minggu yang lalu | 3:53 pm
Target Pajak Hotel Naik Rp10 Miliar, Bapenda Makassar Optimistis

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (14/9/2018) – Badan Anggaran DPRD Kota Makassar mendukung rencana Badan Pendapatan Daerah manikkan target pendapatan dari Pajak Hotel pada anggaran perubahan 2018. Target pendapatan Naik Rp10 Miliar.

Hal ini terungkap dalam Rapat Badan Anggaran terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 di Ruang Rapat Banggar, Jumat, (14/09/2018).

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar, Irwan Adnan menjelaskan jika pendapatan dari pajak Hotel mengalamani tren peningkatan tahun ini. Tren ini dipengaruhi oleh peningkatan jumlah wajib pajak dan juga tingkat okupansi hotel yang semakin meningkat.

“Ada tren kenaikan pendapatan dari pajak seiring kenaikan pendapatan mereka yang dipakai untuk membayar pajak. Misalnya, okupansi hotel yang meningkat tahun ini,” jelasnya.

Karena itulah, target pendapatan pajak di sektor pajak hotel ditingkatkan dalam APBD Perubahan 2018. Target pajak hotel meningkat dari Rp120 miliar pada APBD Pokok 2018 meningkat menjadi Rp130 miliar di APBD Perubahan, atau meningkat sebesar Rp10 miliar.

“Insya Allah akan kita capai berapa pun target yang ditetapkan. Dan memberikan motivasi kita karena target pendapatan berimplikasi pada program-program pemerintah kota secara keseluruhan,” katanya.

Untuk menggenjot peningkatan dari sektor ini, pihaknya menyediakan penghargaan kepada wajib pajak yang dinilai kooperatif dan memiliki kinerja yang baik. Penghargaan tersebut diberikan kepada sekira 100 wajib pajak dari 11 sektor pajak yang selama ini di bawah naungan Bapenda. Untuk penghargaan ini, Bapenda menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp151 juta.

“Ada 11 jenis pajak yang masing-masing memiliki kriteria, akan kita berikan penghargaan karena betul-betul memperlihatkan kemauan kuat untuk membantu pemerintah kota Makassar. Ini sebagai apresiasi kita agar meningkatkan motivasi mereka dalam membayar pajak,” katanya.

Anggota Badan Anggaran, Abdi Asmara mengapresiasi peningkatan pendapatan dari sector pajak hotel yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, ia menilai target pendapatan dari sektor pajak hotel dinaikkan dalam anggaran perubahan.

Ia pun berharap peningkatan target ini bisa memotivasi pihak Bapenda untuk menggenjot kinerja mereka.
“karena itu Bapenda melihat bahwa mereka mampu untuk mencapai target itu,” jelas Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan ini.

Ia punmendukung rencana pemerintah kota dalam hal ini Bapenda untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah wajib pajak yang kooperatif. “Kkita wajib memberikan penghargaan untuk para pengusaha pengusaha yang patuh. Dan kita optimis, kita meningkatkan, pasti dampaknya ke masyarakat juga,” pungkasnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com