Senin, 22 Oktober 2018

Taman Macan Makassar, dari Bersantai Hingga Olahraga

3 tahun yang lalu | 5:03 am
Taman Macan Makassar, dari Bersantai Hingga Olahraga

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (18/3/2016) – Taman segitiga yang terletak di Kota Makassar tepatnya di Jl. Slamet Riyadi ini, terkenal dengan nama Taman Macan. Taman yang dipenuhi pepohonan, dulunya dimanfaatkan warga Makassar untuk datang hanya sekadar duduk-duduk,  juga sebagai tempat belajar kelompok siswa bahkan ada juga yang memanfaatkan sebagai tepat diskusi. Selain udaranya sejuk, di taman itu juga dilengkapi beberapa bangku.

Namun, beberapa tahun terakhir ini. Taman Macan beralih fungsi sebagai sarana olahraga. Pemerintah menyulap taman macan agar masyarakat bisa memanfaatkan taman tersebut untuk berolahraga. Sehingga setiap hari selalu ramai, utamanya pagi dan sore hari. Selain memanfaatkan sebagai tempat jogging, tiga kali seminggu juga diadakan senam kebugaran.

Dinamai taman macan karena adanya patung macan tepat di sudut taman segitiga tersebut. Tapi sebenarnya, sejarah taman macan ini sangat unik. Salah seorang penulis Gejolak Api Dari Timur Amir Saleh, dalam catatannya menuliskan bahwa sebenarnya patung macan yang ada di Taman Segitiga Makassar adalah patung Harimau.

Patung itu sengaja dibuat untuk mengingatkan warga Makassar bahwa pada zaman perang kemerdekaan, ada sebuah kelompok kelaskaran di Makassar bernama Harimau Indonesia. Laskar tersebut merupakan gerakan perjuangan rakyat yang sangat ditakuti, karena sepak terjangnya sebagai gerilya kota, yang sangat memusingkan pihak belanda.

Menurut Amir Saleh, kemungkinan besar atas patung macan yang terletak tidak jauh dari Balai Kota Makassar ini ada karena inisiatif mantan Wali Kota Makassar Jancy Raif (1982-1988) . Dia adalah anggota TNI berpangkat kolonel dan juga bagian dari Harimau Indonesia. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com