Selasa, 23 Oktober 2018

Tahun ini 484 CCTV Terpasang Intai Makassar

7 bulan yang lalu | 6:16 pm
Tahun ini 484 CCTV Terpasang Intai Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (14/2/2018) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menambah jumlah unit closed circuit television (CCTV) yang tersebar disejumlah titik vital di kota ini. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar berencana akan memasang kurang lebih 484 unit CCTV di tahun ini.

Dimana di tahun 2017 lalu, Diskominfo Makassar telah memasang 134 unit CCTV dari jumlah yang ditargetkan sebanyak 3.000 unit CCTV.

“Kita baru punya 134 CCTV, 115 dari pemerintah kota dan 19 itu dari bantuan pihak swasta. Tahun ini kita berharap bisa memasang sampai 484 CCTV,” kata Kepala Bidang Pengembangan Informasi dan Aplikasi Telematika, Denny Hidayat

Kata dia, tahun ini pemerintah kembali mendapat bantuan dari pihak swasta sekitar 290 unit CCTV, yaitu diantaranya 200 unit CCTV siap untuk dipasang di seluruh titik, sementara 90 unit CCTV lainnya masih dalam tahap survei lapangan. Ditambah unit 60 CCTV juga dari pihak swasta yang sifatnya CSR.

“Sebagian barangnya sudah ada di lantai 10 Balaikota, tinggal di integrasikan,” ujar Denny.

Lanjutnya, ratusan CCTV tersebut nantinya akan di pasang diseluruh objek vital di Kota Makassar, seperti sekolah, tempat ibadah, serta gedung pemerintahan. Kamera pengintai itu juga akan dipasang di traffic light untuk melihat kondisi kemacetan di Kota Makassar.

Dia juga menegaskan seluruh tempat usaha dan pengelola videotron wajib memasang CCTV sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu berdasarkan perwali 4/2017 tentang Tentang Penyediaan dan Pemasangan CCTV pada Bangunan Gedung.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika pengusaha memasang CCTV sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Pasalnya, CCTV tersebut akan terintegrasi dengan warroom yang terletak lantai 10 gedung balai kota.

Sehingga, jika terjadi tindakan kriminal atau musibah di tempat usaha tersebut, meski CCTV di lokasi ini rusak tapi rekaman CCTV tersebut masih bisa di akses melalui warroom.

Selain itu, penerapan CCTV juga akan diback-up oleh aparat kepolisian. Sebanyak 30 unit CCTV akan di pasang untuk memantau kondisi dan situasi di Kota Makassar. Namun, Denny berharap agar CCTV dari aparat kepolisian bisa terintegrasi dengan pemerintah kota. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com