Selasa, 18 Juni 2019

STOP Discrimination

4 bulan yang lalu | 12:16 pm
STOP Discrimination

Baca Juga

Indonesia adalah negara yang berpenduduk hampir 265 juta jiwa dan Indonesia memiliki aturan-aturan dan definisi tentang diskriminasi. Berdasarkan Undang-Undang No. 39 Tahun 1999. Dan memiliki beragam budaya, suku dan agama atau kepercayaan yang berbeda beda. 6 agama yang di akui di indonesia yaitu Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

Tahukah kamu Apa itu diskriminasi? Diskriminasi merupakan suatu tindakan atau suatu kecenderungan manusia dalam membeda bedakan manusia satu dan lainnya. Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena perbedaan karakteristik, suku, ras, kelamin, agama dan kepercayaan.

Umumnya terjadi karena perbedaan yang mendasar, misalnya, perbedaan agama, seseorang akan dikucilkan atau di diskriminasi karna hanya dia berbeda agama dengan apa yang di anut oleh mayoritas di tempat mereka tinggal. Pada dasarnya yang melakukan diskriminasi adalah orang yang merasa bahwa hanya mereka yang paling benar dan baik. Dan menggangap orang lain yang berbeda keyakinan dengan mereka adalah salah dan dianggap sebagai orang lain yang harus disingkirkan. Maka dari itu mereka melakukan diskriminasi terhadap orang atau kelompok yang berbeda dengan mereka.

Di indonesia masih banyak dijumpai kasus kasus terkait dengan diskriminasi. terutama diskriminasi agama. dengan segala perbedaan yang dimiliki oleh indonesia membuat perbedaan diantaranya sulit untuk disatukan. oleh karena itu peran pemerintah dalam hal ini sangat penting. Bahkan bukan hanya pemerintah tapi juga kesadaran dari masing masing individu harus muncul kesadaran dari dalam diri setiap individu terhadap perbedaan yang ada. saling menghargai dan berpikiran terbuka merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir diskriminasi.

Dasar terjadinya diskriminasi :
• Adanya perbedaan pendapat
• Perbedaan golongan
• Perbedaan keyakinan
• Prasangka buruk terhadap keyakinan lain
• Tidak mau terbuka terhadap pandangan lain

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi diskriminasi yaitu sebagi berikut :
1. Berfikir terbuka den dewasa dalam hal pemikiran dan berkelakuan.
2. Membangun komunikasi dan hubungan yang baik antar umat berbeda agama.
3. Menyadari kalau setiap manusia memiliki kedudukan yang sama di mata Tuhan.
4. Menumbuhkan semangat kemanusian
5. Menumbuhkan semangat nasionalisme dan pluralisme
6. Memberikan contoh bahwa ajaran agama mengajarkan tentang mengasih dan menyanyangi
7. Memberikan edukasi lebih kepada keluarga ajak dan ajari bahwa ajaran kita mengajarkan kasih dan sayang.
8. Jika sebagai seorang pemuka agama yaitu melakukan/ memberikan sesuatu paham yang sifatnya menyebarkan kebaikan dan edukasi.

Ketika kita mengalami perbedaan pendapat menyelesaikannya yaitu bisa diselesaikan dengan cara berdialog, menyampaikan pendapat, bermusyawarah, dan dilakukan diskusi memberikan pendapat anda, mendengarkan pendapat orang lain dari sudut pandang dia, biarkan dia pada sudut pandang dia, biarkan anda pada sudut pandang anda. Kita pasti tetap akan berbeda tapi tidak melakukan diskriminasi. Berbeda boleh dan harus berbeda karena tuhan menciptakan manusia memang berbeda beda, bersuku-suku, dan berbangsa bangsa.

Sama seperti yang kita ketahui tentang indonesia yaitu merupakan negara yang kaya akan budaya dari berbagai macam etnis yang harus dilestarikan sebagai bagian dari warisan bangsa dan kekayaan budaya. Seperti semboyan dari negara Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya beranekaragam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Jangan sampai budaya, keberagaman yang dimiliki Indonesia hancur hanya karena egoisme para pelaku agama yang tidak bertanggung jawab dan mementingkan kelompoknya sendiri.

Yang bisa kita lakukan untuk mengurangi diskriminasi yaitu berpikir terbuka dalam hal, berpikir, dan pandangan kita kepada apapun di sekitar, dan harus tetap berpegang teguh pada persatuan dan kesatuan. Semua dimulai dari diri sendiri. Menambah wawasan dan pengtahuan. mengurangi diskriminasi yaitu saling menghargai sesama umat manusia, saling menghormati, menyayangi sesama umat, Tidak memandang dari agama manapun, Tidak memandang dari golongan apapun, tidak memandang dari tingkat social manapun. Bertoleransi antar umat, Saling percaya karena tidak ada agama yang mengajarkan kejelekan kecuali dari pribadi masing-masing. Bisa juga Melakukan kegiatan pertemuan/sosialisasi antara agama untuk mempererat rasa persaudaraan dan tidak membeda-bedakan agama satu dengan yang lain. Indonesia yaitu negara dengan segala keberagamanya justru dengan keberagaman itu hadir untuk saling melengkapi bukan untuk saling mendiskriminasi. Seperti semboyan negara Indonesia “bhineka tunggal ika” berbeda beda namun tetap satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia.

Oleh : WAN AZIZAH AYUNIN
Mahasiswi LSPR JAKARTA


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com