Jum'at, 21 September 2018

Siap-siap, Bulan Mei Pemkot Buka Pendaftaran Magang ke Jepang

4 bulan yang lalu | 8:12 am
Siap-siap, Bulan Mei Pemkot Buka Pendaftaran Magang ke Jepang

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (4/4/2018) – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bisa beradu nasib di Jepang melalui program magang oleh pemerintah pusat. Pendaftaran mulai dibuka pada Mei mendatang.

“Kalau sementara persiapan, Insya Allah bulan Mei kita buka pendaftaran,” singkat Kepala Disnaker, Irwan Bangsawan kepada SINDOnews.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor Disnaker di Jalan AP Pettarani, bisa juga melalui kantor kelurahan masing-masing.

Meski belum membuka pendaftaran secara resmi, antusias masyarakat untuk bisa mengikuti program ini sangat besar. “Kota belum buka pendaftaran, tapi secara lisan sudah banyak masyarakat yang mau mendaftar,” ujarnya.

Setelah proses pendaftaran, para peserta diberikan pelatihan teknik dan kursus bahasa. Sehingga, pada bulan Oktobera atau November para peserta sudah bisa dikirim ke pemerintah pusat untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta. Diantaranya, usia maksimal 26 tahun, tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 cm, dan perempuan 150 cm. Sementara, berat untuk peserta laki-laki minimal 50 kg, dan perempuan 40 kg.

Kata dia, sekitar 150 orang pendaftar berpeluang untuk siap dikirim ke Jakarta. Hanya saja, mereka harus mengikuti tahapan seleksi untuk bisa lolos kerja hingga keluar negeri. Sehingga, tidak menutup kemungkinan dari 150 orang yang dikirim ke Jakarta, hanya empat atau lima yang berhasil diberangkatkan ke Jepang.

“Pendidikan mereka minimal SMA/SMK, ada 150 orang yang kita kirim ke Jakarta, tapi mereka akan melewati banyak proses, dan tidak semua lolos ke Jepang,” tuturnya.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com