Jum'at, 23 Juni 2017

Seribu ‘Onthelis’ Konvoi di Makassar

1 bulan yang lalu | 12:05 pm
Seribu ‘Onthelis’ Konvoi di Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (2/4/2017) – Para onthelis, sebutan pecinta sepeda tua yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) menggelar konvoi seribu sepeda onthel di kawasan car free day Pantai Losari, Kota Makassar, Minggu, 2 April 2017.

Acara itu merupakan rangkaian perayaan hari lahir Komunitas Sepeda Tua Makassar (Kostum) ke-12. Sejak pukul 06.00 WITA, dengan menggunakan seragam serba unik sembari mengayuh sepedanya, para onthelis itu menarik perhatian warga yang berada di kawasan car free day.

Di beberapa ruas jalan, peserta tampak beratraksi dengan sepeda tuanya. Sebagian peserta yang memakai kostum seperti pejuang dan tentara juga diminta untuk foto bersama.

Sekretaris Kostum, I Nojeng mengatakan, konvoi tersebut melibatkan seribu onthelis dari berbagai daerah se-Indonesia. Rute konvoinya, selain di kawasan Pantai Losari, mereka juga mengunjungi sejumlah lokasi bersejarah di Kota Makassar, seperti Makam Pangeran Diponegoro dan Benteng Fort Rotterdam.

“Sejumlah makam-makam lainnya juga akan kita kunjungi, ikon-ikon Kota Makassar, berlanjut ke Pantai Losari dan finish kembali di Rotterdam,” ucap I Nojeng.

Menurutnya, kegiatan ini juga bisa menjadi barometer partisipasi dan kecintaan terhadap sepeda tua di Indonesia guna menyongsong kegiatan yang diselenggarakan International Veteran Cycle Association (IVCA) yang merupakan organisasi tertinggi para pencinta sepeda tua di dunia.

Nojeng mengatakan, setelah berkeliling, para peserta akan disuguhi pertunjukan kesenian dan kebudayaan khas Sulawesi Selatan di dalam kawasan Benteng Fort Rotterdam. Para onthelis juga akan diperkenalkan dengan beberapa tempat wisata menarik di kota berjuluk Anging Mammiri itu


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com