Selasa, 23 Oktober 2018

Sensasi Keliling Dunia Saat Berwisata Religi di Makassar

2 bulan yang lalu | 11:45 am
Sensasi Keliling Dunia Saat Berwisata Religi di Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (4/7/2018) – Arsitektur di berbagai tempat di dunia terkadang menjadi inspirasi yang menarik ketika memutuskan untuk mendirikan tempat ibadah. Hal inilah yang ternyata juga diterapkan bagi beberapa pembangunan kawasan religi di kota Makassar Sulawesi Selatan. Cakap People harus tahu, dengan mengambil corak asli dari negara asalnya, tempat ibadah di kawasan ini menjadi lebih indah dan memukau mata.

Jika kamu termasuk orang yang memang suka lakoni wisata religi di kota ini, tentu akan mendapati ada ada beberapa gaya arsitektur khas tempat ibadah di Makassar yang sukses mengambil gaya ala luar negeri. Seperti apa indahnya? Kamu harus simak faktanya berikut.

1. Masjid Raya Makassar

Bangunan dengan luas 1,5 km persegi ini didirikan sejak tahun 1949 silam. Arsitektur bangunan terinspirasi dari gaya Timur Tengah yang dipadukan dengan sentuhan mediterania. Kamu juga bisa melihat Al Qur’an raksasa yang beratnya mencapai 584 kilogram. Kabarnya, dulu masjid ini dibangun hanya dengan modal Rp 60 ribu saja.

2. Masjid Al Markaz

Masjid yang berada di jalan Mesjid Raya, Kecamatan Bontoala ini merupakan salah satu masjid terbesar di kota Makassar. Masjid ini diperkirakan mampu menampung hingga 50.000 jamaah sekaligus lho! Berdiri di atas tiga lantai serta menara setinggi 84 meter, bentuk bangunan masjid ini konon terinspirasi dari masjid yang ada di Arab Saudi.

3. Gereja Katedral

Dengan arsitektur ala Eropa, gereja Katedral ini berdiri. Nama lain dari gereja ini adalah Gereja Hati Kudus Yesus yang berada di seberang Lapangan Karebosi. Untuk diketahui bahwa lokasi tersebut juga merupakan titik nol kota Makassar lho! Jadi kamu tak hanya bisa berkunjung ke gereja ini, melainkan tahu bahwa titik nol kilometer di kotamu ada di lapangan kenamaan tersebut.

Bangunan ini berdiri pada tahun 1898 silam dan sudah tercatat sebagai cagar budaya yang perlu dilestarikan. Bentuk bangunan yang masih sama seperti dulu sengaja dipertahankan yaitu arsitektur khas Eropa.

4. Klenteng Ibu Agung Bahari

Tempat ibadah etnis Tionghoa di Makassar ini juga dikenal dengan nama Thian Ho Kong yang artinya Istana Ratu Langit. Bangunan yang terdiri dari empat bagian tersebut menggunakan arsitektur dominan berwarna merah dan megah yang diambil dari kebudayaan khas Tionghoa.

Nah, berniat ke mana liburan akhir pekan ini Cakap People? Sepertinya, 4 tempat ibadah di Makassar di atas bisa jadi pilihan menarik buatmu habiskan rekreasi tipis-tipis minggu ini. Selain itu, akan kamu dapatkan banyak wawasan yang belum pernah didapat sebelumnya. Segera agendakan.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com