Sabtu, 19 September 2020

Sejumlah Kepala Pasar Dicopot karena Langgar Aturan

3 minggu yang lalu | 3:14 am
Sejumlah Kepala Pasar Dicopot karena Langgar Aturan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (7/8/2020) – Sejumlah kepala pasar di Kota Makassar direshuffle. Penyebabnya, ditemukan kepala pasar yang menjabat tetapi tidak memenuhi syarat yakni berstatus sebagai tenaga kontrak dan sudah memasuki masa pensiun.

Dirut PD Pasar Makassar Raya, Basdir mengungkap temuan tersebut berdasarkan hasil audit Inspektorat. Pihaknya pun diminta melakukan evaluasi kepada seluruh kepala pasar. “Jadi diminta oleh Inspektorat untuk memberhentikan yang pensiun. Itu juga yang statusnya tenaga kontrak,” tukas Basdir kepada SINDOnews, kemarin

Basdir menyebut ada dua aspek yang menjadi audit Inpektorat yakni aspek kepegawaian dan keuangan. Adapun syarat untuk menduduki jabatan kepala pasar harus berstatus sebagai pegawai organik. Bukan tenaga kontrak. Begitu pula dengan kepala pasar yang sudah memasuki masa pensiun, harus segera diberhentikan.

Dari aspek kepegawaian, Inspektorat menemukan enam kepala pasar yang tidak bersyarat. Mereka telah memasuki masa pensiun bahkan berstatus sebagai tenaga kontrak. Sedangkan dari aspek keuangan, Inspektorat meminta agar 17 pasar utama dan dua pasar darurat dievaluasi lantaran belum mencapai target, minim pendapatan.

“Masih ada beberapa kepala pasar yang dianggap tidak memenuhi syarat. Setelah keluar rekomendasi Inspektorat kita nonaktifkan yang defenitif dan kita plt kan lalu kita buat seleksi terbuka. Jadi yang tidak memenuhi syarat otomatis tidak kita terima,” papar Basdir.

Meski begitu, kata Basdir, tidak semua kepala pasar yang sebelumnya menjabat dicopot. Mereka yang masih bersyarat dan mengikuti seleksi tetap dilantik. Bahkan ada yang bergeser tempat. Baca Juga : Instruksi Pj Wali Kota: Sejumlah Pasar Tradisional akan Ditertibkan

Beberapa diantaranya yang diganti adalah kepala pasar sawah, sambung jawa, daya, pasar baru, makassar mall, kampung baru dan beberapa kepala pasar darurat.


Penulis : nafli mu
Editor : nafli mu
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com