Jum'at, 21 September 2018

Satpol PP Tak Becus, Legislator: Evaluasi Komandannya

4 tahun yang lalu | 12:18 pm
Satpol PP Tak Becus, Legislator: Evaluasi Komandannya

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Satuan Polisi Pamong Praja, (Satpol PP) kota Makassar adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah.

Satpol PP yang didirikan 3 Maret 1950 dengan dasar hukum Peraturan Pemerintah No.6 Tahun 2010 oleh Kementerian Dalam Negeri tersebut ibarat hanya pelengkap pemerintahan di Makassar. Dari patauan Warta Timur, Satpol PP tidak menjalankan fungsinya sebagai mana yang telah diamanatkan.

Di Kota Makassar, ada banyak puluhan Peraturan Daerah seperti larangan berjualan di pinggir jalan, parkir liar, jam buka Tempat Hiburan Malam (THM), pelarangan gudang dalam kota, dan hampir semua Perda tidak berjalan efektif.

Seharusnya jika berpijak dengan penjelasan di atas, disinilah peran Satpol PP dalam menegakkan Perda tersebut, namun fungsinya ini hanyalah sebatas hitam diatas putih. Ratusan personelnya secara nayata menunjukkan sikap pembiaran pelanggran tersebut.

Anggota DPRD kota Makassar pun angkat bicara, salah satu legislator partai Golkar Wahab tahir mengatakan komandan Satpol PP harus segera dievaluasi oleh Walikota Makassar yang baru karena selama ini tidak lebih dari sebuah pajangan belaka.

“Walikota baru harus evaluasi mereka karena kami sudah setengah mati menyusung Perda tersebut, tetai kenapa hanya sebatas berkas belaka tanpa adanya pelaksanaa,” ujar Wahab saat ditemui di kantor DPRD kota Makassar.

Hal senada diungkapkan Adi Rasyid Ali (ARA), legislator dari partai Demokrat. Menurutnya, dari awal fraksi Demokrat telah menyarankan kepada Walikota untuk melakukan evaluasi besar-besaran terhadap semua SKPD termasuk Satpol PP.

“Makanya saya bilang segera lelang jabatan, Walikota harus memilih orang-orang untuk memilih orang-orang yang berkompoten dan memiliki visi misi mengawal program pemerintah kota,” tegas ARA. (IR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com