Jum'at, 24 November 2017

RTH Masih Minim, Pemkot Makassar Akan Hijaukan Lahan Pekuburan

2 minggu yang lalu | 4:14 am
RTH Masih Minim, Pemkot Makassar Akan Hijaukan Lahan Pekuburan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (31/10/2017) – Program pemerintah pusat terkait ruang terbuka hijau (RTH) sebanyak 30 persen di tiap kota nampaknya masih jauh dari harapan. Pasalnya berdasarkan data terakhir Oktober 2017, untuk RTH kota Makassar kini baru 12 persen.

Dalam mencapai target pemerintah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kota Makassar, Azis Hasan menuturkan pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya, hanya saja bukan waktu singkat untuk mewujudkannya.

Kepada KABAR.NEWS, Azis mengatakan akan menganggarkan setiap tahun untuk terus meningkatkan RTH, selain itu pihaknya juga akan membuka akses kerjasama dengan pihak swasta dan kantor – kantor dalam memanfaatkan semua lahan terbuka.

“Semua instansi dan swasta harus diibatkan untuk mengejar target, contohnya itu kantor gubernur dan kampus Unhas, itu rthnya luar biasa, pedoman kita di situ, jadi semua lahan termasuk lahan gersang bahkan kuburan akan kita hijaukan,” tuturnya Selasa (31/10/2017).

Masyarakat kata dia juga sangat berperan penting untuk mewujudkan ini, serta peran pihak pengembang perumahan untuk dikoneksikan pada program rth dinilai dapat meningkatkan angka rth Makassar yang masih terbilang rendah.

“Menggeser angka 12 ke 13 persen saja bukan persoalan mudah, tapi kita tidak akan putus asa dan ini menjadi motivasi dari kita, kita akan terus gencar melakukan sosialisasi di lapangan,” katanya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk terus menanam pohon, karena satu pohon kata dia sangat berarti untuk kelangsungan hidup manusia. “Setidaknya jika tidak bisa menanam pohon janganlah menebang pohon,” tutupnya.


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com