Selasa, 23 April 2019

Rekomendasi Makanan dan Tempat Kuliner Makassar yang Wajib Dikunjungi

3 minggu yang lalu | 8:23 am
Rekomendasi Makanan dan Tempat Kuliner Makassar yang Wajib Dikunjungi

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (5/3/2019) – Ingin berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk mencoba cicipi kuliner Makassar yang pastinya sangat enak, menggoyang lidah dan akan meninggalkan kesan untuk datang kembali ke Makassar.

Mau tahu juga tempat kuliner apa saja yang menyediakan menu-menu kuliner yang asyik dan menggugah selera.

Inilah rekomendasi kuliner yang wajib Anda coba di Makassar

Coto Makassar

Coto merupakan makanan khas Makassar dan memiliki ciri khas tersendiri dalam bumbu. Coto berbahan dasar daging sapi. Diolah dengan menggunakan berbagai macam rempah. Seperti menggunakan kacang, kemiri, cengkeh, pala, serei yang ditumbuk halus. Lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, lombok merah, lombok hijau, gula merah, asam, kayu manis, garam, dan berbagai jenis bahan lainnya.

Sop Konro

Sop Konro terbuat dari bahan dasar iga sapi yang masih menempel pada tulangnya disajikan dengan guyuran bumbu kacang dan kuah. Makanan kaya rempah-rempah ini sangat lezat jika disantap dengan ketupan dan burasa. Berasal dari budaya Bugis, pada dasarnya makanan ini berbentuk sop namun kini terdapat variasi kering yang disebut Konro bakar.Kuah coto dari campuran air beras, ada juga yang menggunakan santan, susu dan telur untuk menghasilkan kuah yang kental.

Karena berbahan daging, beberapa tempat kuliner coto mulai memperhatikan pembuatan coto dari segi kesehatan. Beberapa pemilik kuliner coto mulai mengganti air beras dengan bahan yang lebih sehat seperti telur untuk mengentalkan kuahnya. Mengingat beras mulai banyak mengandung pemutih atau bahan kimia lainnya.

Beberapa pemilik tempat kuliner masih mempertahankan bumbu rempah turun temurun dan cara pembuatan yang tradisional menggunakan tungku tanah liat.

Pallubasa

Sama dengan makanan sebelumnya, makanan khas Makassar yang satu ini terbuat dari daging sapi atau kerbau. Jika dipandang sekilas, makanan ini nampak seperti coto Makassar. Namun dalam hal rasa, makanan ini sangat berbeda. Kuah pallu basa terbuat dari banyak rempah-rempah yang gurih dan meninggalkan rasa yang kuat. Makanan ini sangat wajib dicicipi wisatawan saat berkunjung ke Makassar.
Tempat makan Pallubasa di Makassar yang favorit adalah,
1. Pallubasa Serigala, lokasinya di Jl. Serigala XIV, Mamajang Dalam, Mamajang. Buka mulai pukul 10.00-23.00 Wita. Buka cabang di Jl. Letjen Hertasning No.12b. Buka mulai pukul 10.00-23.00 Wita

2. Pallubasa Onta, lokasinya di Jl. Onta Lama No.103, Mandala, Mamajang. Buka mulai pukul 09.00-22.00 Wita

3. Pallubasa Samalona, lokasinya di Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No.1. Buka mulai pukul 09.00-23.00 Wita.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com