Jum'at, 10 April 2020

Rekomendasi Cakada di 5 daerah , Nasdem Sulsel Gerak Cepat

2 bulan yang lalu | 12:28 pm
Rekomendasi Cakada di 5 daerah , Nasdem Sulsel Gerak Cepat

Baca juga

Wartatimur.comTeka – teki rekomendasi calon Kepala Daerah Sulsel 2020 dari partai Nasdem terjawab sudah. Agenda rapat kordinasi khusus yang diselenggarakan di Makassar  ditutup dengan menyebutkan sejumlah nama calon kepala daerah yang mendapatkan  rekomendasi di pilkada 2020 September mendatang.

Adapun nama cakada di lima daerah yang telah mendapat SK rekomendasi, yakni, Harmil Mattotorang-Andi Ilham Najamuddin di Pilkada Maros, Yosia Rinto Kadang-Yonathan Pasodung di Toraja Utara, Andi Kaswadi Razak-Luthfi Halide di Soppeng, pasangan Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara di Pilkada Tana Toraja, Serta Suardi Saleh di Barru.

Melihat komposisi nama elit  yang akan bertanding pada pilkada mendatang,  Nasdem cenderung terlihat mempertahankan kader  petahana untuk memperkuat barisannya di lima daerah.

Gerak Cepat

Sebagai salah satu partai dengan perolehan jumlah kursi terbesar di Sulsel, dan berpeluang mengusung calonnya sendiri tanpa harus berkoalisi di beberapa daerah, Nasdem memperlihatkan gerak cepat dibandingkan partai lainnya, seperti halnya Golkar  yang belum mengumumkan calon kepala daerah yang diusungnya.

Seperti yang diketahui Nasdem dan Golkar merupakan dua partai poros penentu di Sulsel apabila dilihat dari perolehan jumlah kursi yang bersaing di 12 wilayah yang akan mengikuti pilkada 2020.

Di Selayar, Maros, Soppeng, Luwu Utara, Luwu Timur dan Toraja Utara, perolehan jumlah kursi tertinggi di dominasi oleh Golkar . Sementara Nasdem sebagai partai baru berhasil unjuk gigi di tiga daerah yakni Gowa, Makassar, dan Bulukumba.

Selanjutnya bila melihat jumlah perolehan kursi yang ada, pertarungan sengit antara kedua partai ini akan berlangsung di dua Kabupaten yakni Pangkep dan Barru dimana keduanya memperoleh  jumlah kursi yang sama yakni sebanyak 8 dan 5 kursi.

Adapun pengumuman terkait  5 rekomendasi daerah yang dikeluarkan oleh Nasdem   memperlihatkan kepercayaan diri partai baru asuhan Surya Paloh tersebut dalam melawan  pemain lama di pilkada Sulawesi Selatan 2020 September mendatang.

Dari total 12 wilayah yang mengikuti pilkada September mendatang, setidaknya masih tersisa 7 daerah yang belum mendapatkan surat rekomendasi dari Nasdem. Aura kompetitif pun masih mewarnai sejumlah daerah seperti Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara ,Bulukumba dan Pangkep yang hingga saat ini belum mendapatkan surat rekomendasi.

 

Siapa berikutnya?


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com