Minggu, 25 Agustus 2019

Rasionalisasi Anggaran Pemkot Makassar Libatkan Tim Akselerasi Pemprov

3 minggu yang lalu | 1:36 am
Rasionalisasi Anggaran Pemkot Makassar Libatkan Tim Akselerasi Pemprov

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (23/7/2019) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sedang melakukan rasionalisasi anggaran kegiatan seluruh SKPD. Hal itu dilakukan lantaran keuangan Pemkot saat ini mengalami defisit. Rasionalisasi ini melibatkan tim akselerasi bentukan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah.

“Tim Akselerasi Gubernur itu membaur dengan kita disini, sifatnya membantu. Tim akselerasi itu bersama SKPD. Ini kita berkumpul menghadapi APBD Perubahan, maka dievaluasi semua program yang ada,” kata Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh Ansar saat dikonfirmasi.

Kata Ansar, kegiatan evaluasi program merupakan hal yang wajar mengingat banyak program kegiatan di SKPD yang penggunaan anggarannya tidak maksimal. Sehingga, rasionalisasi menjadi alasan untuk dialihkan ke program yang dinilai lebih prioritas.

Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan jumlah anggaran yang telah dirasionalisasikan dari program yang dievaluasi. Sebab, akan ada rapat lanjutan untuk menuntaskan kegiatan rasionalisasi anggaran di Pemkot Makassar.

“Kalau berapa jumlah program, itu tanya di Bappeda. Karena ini belum final, masih ada satu kali pertemuan,” beber Ansar.

Setelah memastikan jumlah anggaran yang dirasionalisasi, kata Ansar, tim akselerasi selanjutnya akan membuat kesimpulan mengenai program-program yang dinilai prioritas. Kemudian, anggaran itu baru akan didistribusikan ke program tersebut.

“Banyak prioritas, termasuk ada utang Pemkot yang mesti dibayarkan tahun ini dan insfratruktur,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Hadijah Iriani mengatakan, pihaknya belum mengetahui jumlah program dan anggaran yang akan dirasionalisasikan di SKPD. Pasalnya, kegiatan tersebut masih proses pembahasan dengan tim akselerasi.

“Aduh gak hapal tuh,” singkat Iriani.

Iriani melanjutkan, pembahasan rasionalisasi anggaran di sejumlah program SKPD belum tuntas. Yang jelas kata dia, kegiatan rasionalisasi salah satu tujuannya untuk menutupi defisit keuangan Pemkot Makassar.

“Hampir semua SKPD mengalami rasionalisasi, terutama program kegiatan yang diperkirakan tidak dapat diselesaikan atau dilaksanakan sampai dengan 31 Desember 2019,” tutupnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com