Selasa, 19 Juni 2018

Puluhan Caleg Demo Kantor KPU Makassar

4 tahun yang lalu | 5:28 am
Puluhan Caleg Demo Kantor KPU Makassar

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Kekecewaan beberapa caleg yang merasa dicurangi sepertinya belum juga surut. Agus Salim salah satunya. Caleg dari PKS ini menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor KPU Makassar, jalan Perumnas Antang No. 2A, Jum’at (25/4) kemarin.

Aksi unjuk rasa yang melibatkan sekitar 50 massa yang tergabung dalam Koalisi Caleg Anti Pemilu Jekkong ini bertujuan untuk menyikapi kecurangan dalam pelaksanaan pemilihan legislative 2014.

Puluhan massa berorasi secara bergantian. Dengan membawa spanduk bertuliskan “Koalisi Caleg Anti Jekkong Harga Mati Pemilu Ulang”, massa aksi menuntut:

1. Proses secara hukum caleg yang curang dan telah melanggar UU PKPU tentang pemilu (pengelembungan suara)
2. Proses secara hukum ketua PPS dan PPK yang tidak menyetor (membawa lari) laporan C1 dan D1.
3. Mengganti semua semua penyelenggara pemilu (KPPS, PPS, PPK, KPU, PPL, Panwascam) yang melanggar UU Pemilu dr=engan adanya bukti-bukti.

Sementara itu, Abdullah Mansur selaku komisioner bagian Hukum KPU Makassar yang menemui massa aksi mengaku menerima aspirasi massa. Ia juga menjamin sebelum ada rekomendasi dari Panwaslu, maka tidak ada penetapan sebelum semua proses selesai.

Kendati demikian, Abdullah menegaskan proses pemungutan suara tidak bisa dilaksanakan karena telah lewat waktu. “Kalau bapak-bapak tidak puas, silakan mengadukan ke MK (Mahkamah Konstitusi),” tegasnya.

Semua kecurangan, lanjutnya, tetap diproses di Panwas kemudian direkomendasikan ke KPU untuk ditindak lanjuti dan akan menjadi bahan evaluasi jajaran KPU. (NM)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com