Sabtu, 18 Agustus 2018

Pulau Samalona, Pulau Kecil di Makassar dengan Beribu Keindahan

1 minggu yang lalu | 11:36 am
Pulau Samalona, Pulau Kecil di Makassar dengan Beribu Keindahan

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (22/7/2018) – Nama Pulau Samalona mungkin terdengar asing di telinga anda. Memang tak banyak orang yang tahu jika salah satu pulau kecil di antara ribuan pulau di Nusantara ini punya daya tarik yang nggak bisa kamu sepelekan begitu saja. Salah satunya adalah Pulau Samalona. Pulau tersebut berada dalam wilayah Indonesia timur, tepatnya di kawasan administrasi pemerintahan kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Walaupun jarang terdengar oleh masyarakat Indonesia, ternyata pemandangan bawah laut Pulau Samalona sudah terkenal hingga penjuru dunia. Tidak heran jika setiap hari ada saja wisatawan lokal dan asing menyempatkan diri untuk mampir datang ke pulau ini. Kalau kamu bisan bermain air, silahkan deh merapat ke kedai. Di kedai ini, tersedia olahan masakan khas daerah pesisir Sulawesi Selatan.

Ketika sampai di Pulau Samalona kamu akan melihat sebuah pemandangan yang cukup indah. Hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih terlihat sangat menggoda sekali. Jika pengunjung ingin melihat keindahan bawah laut, juga tersedia jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu jika diinginkan. Harga sewa alat-alat snorkeling Rp50.000-Rp100.000, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.

Untuk mencapai pulau ini, sebenarnya tidaklah sulit. Dari kota Makassar, kamu bisa menyewa perahu boat yang ada di dermaga kota Makassar. Dari dermaga tersebut ke Pulau Samalona, jaraknya hanya sekitar 2 km saja. Dermaga tempat penyewaan boat tersebut letaknya tidak begitu jauh dari Pantai Losari. Tapi, kamu harus sedirik bersabar karena antrian dermaga tersebut cukup sibuk dan lalu lintasnya padat.

Harga sewa perahu boat pulang pergi Makassar – Pulau Samalona bervariasi antara Rp 350.000- Rp 500.000 tergantung bagaimana kamu bisa bernegosiasi dengan pemilik boat. Kalau kamu pintar dalam bernegosiasi, mungkin kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk lebih hemat, sebaiknya kamu menyewa perahu dengan penumpang lain. Biasanya sih ya, satu perahu boat mampu menampung hingga maksimal 8 orang.

Perjalanan dengan menggunanakan perahu ini hanya memakan waktu sekitar 30-40 menit saja. Jadi, perjalanan ini nggak akan membuang banyak waktumu. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com