Rabu, 21 November 2018

PPP, PKS, dan PKB Makassar Sepakat Koalisi Partai Islam

4 tahun yang lalu | 4:09 pm
PPP, PKS, dan PKB Makassar Sepakat Koalisi Partai Islam

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Partai berbasis islam di Makassar mulai menyuarakan nada sepakat atas pembentukan koalisi partai untuk mengusung calon Presiden (Capres) 2014.

Nada sepakat salah satunya datang dari Mudzakkir Ali Djamil. “Kalau saya secara pribadi mersepon segala ide politik umat Islam saya kira ini terbuka, tetapi ruang yang saya maksud bukan hanya untuk partai Islam saja, tapi terbuka untuk partai nasionalis,” ujar Mudzakkir saat ditemui di kantor DPRD kota Makassar, Selasa (6/5).

Namun untuk partai apa saja yang nantinya akan berkoalisi, dirinya menyerahkan ke pengurus DPP PKS. “Kita tunggu saja dari pusat, kalau mereka menentukan sikap maka kami di Makassar akan menangkan itu, untuk saat ini saya kira belum ada keputusan, yang ada hanya dinamika-dinamika politik yang coba dibangun,” tandas Mudzakkir yang dikenal dengan nama Muda.

Politisi PKS lainnya, Iqbal Abd Djalil, juga mengaku sepakat jika nantinya terbentuk koalisi partai Islam. Menurutnya koalisi tersebut adalah langkah yang bisa membuat bangsa Indonesia keluar dari keterpurukan.

“Kalau saya ditanya saya pasti sepakat, tapi yang menentukan itu kan DPP, kita didaerah ini tinggal tunggu intruksi saja,” ujarnya.

Namun dirinya menegaskan partai apapun yang akan diajak koalisi oleh PKS, dirinya tetap mendukung Anis Matta Sebagai Calon Presiden. “Saya masih dukung Anis Matta maju sebgai capres karena sosoknya merupakan pemimpin paling mudah dan cerdas dari nama-nama Capres yang bermunculan,” tegasnya.

Sementara itu, politisi dari PPP Busranuddin Baso Tika (BBT) menyampaikan hal senada dengan dua legislator PKS tadi. Namun BBT akan tetap patuh apabila partainya mengambil keputusan untuk berkoalisi dengan partai nasionalis atau demokrat.

“Kalau ditanya apakah sepakat atau tidak, saya katakan sepakat. Yang perlu digaris bawahi itu saya yang ada ditingkat bawah belum bisa mengambil keputusan, sayapun akan patuh nantinya pada keptusan yang akan diambil DPP,” ujar BBT.

BBT sendiri tetap menginginkan Surya Darma Ali (SDA) atau Jusuf Kalla (JK) sebagai capres dari PPP, sesuai keputusan Rapimnas. “Namun hasil pemilu berkata lain yang mengharuskan partai kami melakukan koalisi dengan partai lainnya,” tutu BBT

Sebelumnya, Ketua DPD PKB Kota Makassar Ilham Alim Bachrie telah lebih dulu menyepakati dibentuknya koalisi partai Islam. “Kami sepakat adanya koalisi Islam saya kira ini hal yang positif,” ujarnya saat itu. (NR)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com