Selasa, 23 Oktober 2018

Politisi Hanura: Menteri BUMN Tidak Cerdas

3 tahun yang lalu | 6:13 am
Politisi Hanura: Menteri BUMN Tidak Cerdas

Baca Juga

JAKARTA, WARTATIMUR.COM – Politisi Fraksi Partai Hanura, Muhammad Farid Alfarauzi mengkritik Menteri BUMN Rini M. Soemarno yang mengeluarkan surat edaran berisi larangan bagi pejabat BUMN untuk menghadiri rapat kerja bersama DPR.

Menurut Farid, Rini sangat tidak cerdas lantaran instruksi Presiden Jokowi melarang eksekutif rapat dengan DPR hingga UU MD3 selesai direvisi, hanya berlaku untuk para menteri.

Ia menilai Rini salah menerjemahkan perintah Jokowi, sehingga wajar saja bila berkembang spekulasi ia menyembunyikan sesuatu terkait kinerja BUMN.

Farid menambahkan, jika tak ada yang perlu ditutupi dari evaluasi DPR, maka tak semestinya Rini meminta DPR tak mengundang jajaran pejabat BUMN untuk rapat dengar pendapat.

Sementara itu, Direktur eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya, menilai langkah Presiden Jokowi menunda rapat pemerintah dengan kabinet sebagai tindakan yang tepat.

Hal ini lantaran pemerintah akan terseret masuk ke masalah legalitas di parlemen jika menghadiri rapat sebelum dualisme di DPR terselesaikan.

Yunarto memperkirakan ada dua alasan utama yang mendorong Jokowi melarang pembantunya rapat bersama DPR yaitu karena terpaksa untuk memastikan legalitas rapat bersama DPR, dan kedua, dari sisi psikologi politik Jokowi sedang menyindir DPR agar segera menyelesaikan polarisasi.

Saat ini DPR memang sedang menghadapi masalah karena bersedia merevisi UU MD3 sesuai kesepakatan antara KMP dan KIH. Ibarat tamparan keras dari eksekutif, seharusnya DPR berkaca. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com