Kamis, 28 Mei 2020

Pilkada Sulsel 2020; “Putus-Nyambung” karena Partai

3 bulan yang lalu | 3:49 am
Pilkada Sulsel 2020; “Putus-Nyambung” karena Partai

Baca juga

WARTATIMUR.COMBongkar pasang bakal pasangan calon kepala daerah kembali disuguhkan di pilkada Sulsel tahun ini. Dari 12 wilayah yang akan menjadi tuan rumah pilkada serentak September mendatang , tidak sedikit dari petahana yang kembali mencalonkan diri untuk bersaing.

Seperti yang diketahui dari 12 wilayah di Sulsel setidaknya ada 7 daerah yang memungkinkan kepala daerahnya mencalonkan diri kembali untuk periode kedua yakni, Luwu timur, Luwu Utara, Toraja Utara, Tana Toraja, Selayar ,Gowa ,dan Barru.

Di periode kedua ini  beberapa petahana  dipaketkan kembali untuk memimpin daerahnya,  namun  tak sedikit pula yang memutuskan untuk pecah kongsi untuk sebaliknya menjadi lawan politik.

Hal ini  seperti yang akan terlihat pada pilkada Luwu Timur, Luwu Utara, Toraja Utara, dan  Selayar mendatang, dimana Kepala daerah  petahana akan berbalik arah melawan wakilnya di periode pertama. Sementara itu untuk Tana Toraja  Bupati dan Wakil Bupati petahana secara resmi menyatakan untuk kembali  berpasangan pada periode kedua setelah mengantongi rekomendasi partai.

Indonesia Development Engineering Consultant (ide-C) melihat selain  visi- misi, keputusan untuk menggandeng pasangan lama maupun pecah kongsi antara petahana di periode kedua, juga sangat dipengaruhi oleh ambisi partai yang melihat peluang kursi. Di Toraja Utara misalnya, Wakil Bupati petahana  sekaligus Ketua DPD Nasdem Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, direkomendasikan oleh Nasdem bersama pasangan barunya  yakni Yonathan Pasodung,  untuk maju di Pilkada 2020 untuk melawan Kalatiku Paembonan yang tak lain adalah pasangannya di periode pertama.

Sementara itu di Tana Toraja Nasdem kembali memberikan rekomendasi pada petahana Nicodemus Biringkanae dan pasangannya Victor Datuan B untuk kembali berpasangan di periode kedua.

Adapun perolehan kursi Nasdem di Tana Toraja maupun di Toraja Utara, yakni masing-masing sebanyak 6 kursi berpeluang untuk mengusung calonnya sendiri tanpa harus berkoalisi.


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com