Minggu, 12 Juli 2020

Pilkada Sulsel 2020, Ketua Partai Bukan Jaminan

4 bulan yang lalu | 8:47 am
Pilkada Sulsel 2020, Ketua Partai Bukan Jaminan

Baca juga

WARTATIMUR. COM – Suhu  politik  sulsel mulai memanas, mengingat Pilkada hanya menghitung  bulan.  Teka-teki bakal calon kepala daerah  perlahan terkuak dengan sejumlah edaran  surat rekomendasi  yang dikeluarkan  oleh partai politik.

Adapun beberapa partai nampak  percaya  diri dengan memberikan surat rekomendasi  kepada kadernya sendiri untuk bertarung  di pilkada September  mendatang,  tak terkecuali  dua partai poros  utama yakni Golkar dan Nasdem.

Di Barru misalnya  Nasdem  kembali  memajukan Suardi Saleh bupati petahana untuk  kembali menjadi kosong  satu di Barru, Danny Pomanto di pilkada Makassar,  dan Lutfi Halide wakil ketua DPW Sulsel di pilkada Soppeng.  Sementara  itu Golkar merekomendasikan Thoriq Husler di pilkada Luwu Timur , Basli Ali di pilkada Selayar, dan Andi Tajerimin  wakil bendahara Golkar Sulsel di pilkada Maros

Bila memperhatikan  komposisi di atas,  menunjukkan bahwa tidak semua ketua partai  politik  di daerah  dapat mengendarai partai politik  untuk maju di pilkada mendatang. Bahkan di beberapa  wilayah  partai juga tak segan untuk memberikan sinyal kader partai lain untuk  maju di pilkada serentak.

Hal ini dapat dilihat  di Gowa,  Nasdem nampak merapat ke arah petahana Adnan Purichta Bupati petahana sekaligus kader Golkar dan merekomendasikan Victor Datuan Batara Ketua DPD Golkar di Tana Toraja. Sementara  itu  Golkar juga memasukkan nama Tomi Satria Ketua DPD Nasdem Bulukumba dan Malkan Amin kader Nasdem untuk dikirim ke DPP Golkar.

Indonesia  Development Engineering Consultant (Ide-C)  menilai bahwa hal ini memperlihatkan  bahwa partai sejatinya tidak terlalu memperhatikan jabatan struktural seperti  halnya ketua partai maupun status kader dalam mengusung  calon kepala daerah, melainkan elektabilitas masih menjadi patokan utama dalam memberikan rekomendasi  calon kepala daerah. Adapun  petahana masih menjadi kelompok  mayoritas  yang kembali  diusung  oleh sejumlah  partai di pilkada tahun ini, karena dinilai sebagai  kelompok  yang memiliki elektabilitas yang lebih menjanjikan.


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com