Minggu, 20 September 2020

Pilkada Sulsel 2020, IDEC : Jalur Parpol Tetap Menjadi Idaman

6 bulan yang lalu | 5:33 am
Pilkada Sulsel 2020, IDEC : Jalur Parpol Tetap Menjadi Idaman

Baca juga

WARTATIMUR.COM-  Terhitung  mulai dari tanggal 19 Februari-23 Februari  secara serentak seluruh Komisi Pemilihan  Umum Daerah  yang  akan menggelar pemilukada di Sulsel menyelenggarakan  pengecekan  syarat dukungan  bakal pasangan  calon kepala daerah jalur perseorangan.

Dari total 12 wilayah  di Sulsel diketahui  setidaknya  ada 10 daerah termasuk  Makassar  yang akhirnya tidak memiliki  cakada yang maju melalui  jalur perseorangan  atau independen. Adapun dua daerah  yang dimungkinkan akan memiliki  calon  melalui jalur  perseorangan  adalah Maros dan Selayar. Di Selayar, ada bakal calon bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar pasangan Zainuddin-Aji Sumarno dan pasangan Muhammad Nur – Muhammad Ilyas di Maros.

 

Indonesia Development Engineering Consultant (ide-C)  menilai bahwa jalur parpol akan tetap menjadi idaman bakal pasangan calon kepala daerah karena mempunyai basis masa yang jelas dan prosedurnya lebih sederhana daripada jalur perseorangan, serta peluang  kemenangan yang lebih tinggi.

Selanjutnya IDEC juga menambahkan bahwa meskipun maju melalui  jalur partai politik  lebih menjanjikan namun bukan berarti tidak terdapat peluang di dalamnya .  Belajar  dari beberapa  kasus pilkada di beberapa  daerah  jalur perseorangan juga pernah menorehkan kemenangan. Seperti  Irwandi Yusuf yang berhasil merebut  kursi Gubernur  Nanggro Aceh Darussalam,  pasangan Cristian N Dillak di Pilbup Rote Ndou di NTT,  pasangan O.K. Arya Zulkarnain – Gong Martua Siregar di Batubara di Sumatra Utara serta Pasangan Adnan Purichta Ichsan yang berhasil  memenangkan  pilkada Gowa 2015 di Sulsel

Melihat  fakta tersebut Lembaga riset yang telah diakui oleh PERSEPI ini  menjelaskan bahwa untuk  maju melalui  jalur  perseorangan, calon kepala  daerah  harus memiliki  ketokohan yang kuat  dan mampu memainkan narasi koalisi  rakyat bahwa rakyat membutuhkan  seorang pemimpin  yang mandiri berasal dari rakyat dan mampu mendengar  aspirasi rakyat  secara  langsung.


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com