Minggu, 20 September 2020

Pilkada Sulsel 2020, Duel Satu Atap

6 bulan yang lalu | 12:21 pm
Pilkada Sulsel 2020,  Duel Satu Atap

Baca juga

WARTATIMUR. COM-  Konstalasi perebutan kursi  kosong  satu pilkada Sulsel semakin  memanas di beberapa  daerah.  Tak hanya  menyajikan  persaingan  antar partai  melainkan duel satu atap.

Di beberapa  daerah seperti  di Barru,  Bulukumba, dan Luwu  Utara terjadi persaingan  antar  internal  kader  partai  untuk  saling berebut  restu  DPP .

Di Barru  misalnya  ada Malkan  Amin  yang  akan berhadapan  dengan kader satu partainya  di Nasdem  yakni Suardi Saleh Bupati  Petahana, ada pula  Tomi Satria Wakil Bupati  petahana yang kini tengah berpeluang  besar  menjadi  penantang  Arum  Spink sesama  kader  Nasdem untuk  kosong  satu  Bulukumba.  Sementara itu  di Golkar  Bulukumba ada Hamzah  Pangki dan Jamaluddin  Syamsir yang masing-masing  mendapatkan  surat tugas meskipun Golkar  masih  harus  membangun koalisi,   dan Arsyad Kasmar bersama  Rahmat  Laguni yang sama-sama  memperbutkan  restu dari Gerindra di Luwu  Utara.

Indonesia  Development engineering  Consultant (ide-C)  menilai  bahwa  duel antar  kader di internal ini membuktikan  bahwa partai memiliki  stok  kader  yang  cukup untuk  bertarung. Namun di sisi lain sangat  riskan dengan gerakan  hijrah partai  bagi  kader yang kecewa  karena  tak mendapatkan  restu  dari partainya, apabila  belajar  dari pengalaman  pilkada tahun-tahun sebelumnya.

IDEC juga menambahkan  bahwasanya meskipun  demikian  partai  pasti akan  tetap  kembali pada prinsip  utama dengan memasang harga yang tinggi untuk mendukung calon yang lebih  memiliki potensi    besar  untuk  menang  dengan  menimbang  elektabilitas yang ada,  bahkan  jika memungkinkan dengan mengusung  kader dari partai lain, terlebih dalam pilkada  Sulsel yang  tahun ini didominasi  oleh Jalur  partai  ketimbang  independen.

Hal ini dapat  dilihat di Barru misalnya pada Partai Kebangkitan  Bangsa  (PKB) yang  tak  memilih memajukan   kadernya di pilkada  tahun ini  meskipun  memiliki jumlah  kursi  yang  cukup  untuk  mengusung  calon.


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com