Minggu, 12 Juli 2020

Pilkada Gowa, Teka – teki Penantang Petahana

4 bulan yang lalu | 6:01 am
Pilkada Gowa,  Teka – teki Penantang  Petahana

Baca juga

WARTATIMUR.COM- Teka-teki elit politik  yang akan maju mengisi panggung  pilkada Gowa terjawab sudah. Bupati petahana Adnan Purichta Ichsan telah memutuskan kembali berpasangan dengan Abdul Rauf Mallagani Karaeng Kio untuk maju  di pilkada Gowa september  mendatang.

Sejumlah partai pun telah memberikan  sinyal akan mendukung putra alm. Ichsan Yasin Limpo tersebut  di periode keduanya dalam memimpin Gowa. Adapun  sejumlah  partai yang  diberitakan akan segera  merapat adalah PPP,  Nasdem, PKB,  Perindo, PAN, PKS dan PDIP. Bahkan 120 rb KTP dikabarkan telah disiapkan jikalau keduanya memutuskan  maju melalui  jalur  independen.

Bila melihat komposisi  kursi partai yang akan mendukung  Adnan-Kio tentu telah memenuhi syarat. Seperti  yang diketahui untuk  mengusung  paslon kepala daerah partai politik di Gowa setidaknya  harus memiliki  9 kursi. Dengan modal 7  partai  yang memiliki 64,44 persen suara Adnan-Kio dapat hampir  dipastikan maju melalui jalur partai  politik.

Adapun  partai politik  yang hingga  kini belum  memberikan  sinyal bagi pasangan  petahana ini adalah Golkar,  Gerindra dan Demokrat. Diketahui  di Gowa Golkar memiliki 3 kursi,  Gerinda  7 kursi dan Demokrat 6 kursi.  Ini berarti setidaknya  dengan koalisi dua partai saja, sudah bisa mengusung  satu lagi paslon untuk  pilkada Gowa.

Indonesia  Development Engineering Consultant (ide-C)  menilai  bahwa sebenarnya ada dua tokoh  yang memiliki  potensi untuk  menjadi lawan Bupati  petahana yakni Darmawangsa Muin Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) Partai Gerindra Sulsel .Darmawangsa Muin yang kini telah menjabat  dua periode di DPRD Sulsel, berhasil meraih 39.834 suara di pilkada 2019. Ia maju di daerah pemilihan 3 meliputi Kabupaten Gowa dan Takalar. Torehan itu mencatatkan namanya sebagai Caleg dengan suara tertinggi dari semua kontestan. Kedua adalah  pewaris  kerajaan Gowa yang sempat  bersitegang  pada pilkada sebelumnya.

Hingga saat ini Adnan-Kio merupakan  pasangan petahana kedua yang memutuskan untuk kembali berpasangan di periode kedua, yang mana sebelumnya ada Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan B di Tana Toraja yang lebih  dulu mengumumkan untuk  kembali berpasangan  di periode  keduanya.

 

 


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com