Kamis, 28 Mei 2020

Pilkada Barru 2020, Beda Kendaraan Satu Akar

3 bulan yang lalu | 8:29 am
Pilkada Barru 2020, Beda Kendaraan Satu Akar

Baca juga

WARTATIMUR.COM – Pemilihan Kepala Daerah di Sulsel tinggal menghitung bulan. Sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh kandidat  kepala daerah maupun partai politik.

Para kandidat mulai mendaftarkan diri ke partai politik, dengan niat hati akan mendapatkan rekomendasi. Sementara itu partai politik mulai hitung-hitungan, kandidat mana yang paling tepat untuk menerima rekomendasi dan menang.

Segala macam  strategi  mulai ditempuh. Dari menggaet Cakada baru hingga petahana, dari kader sendiri hingga kader partai lainnya.

Hal ini nampak terlihat di dua  partai poros utama yakni Nasdem dan Golkar yang telah mempublikasikan rekomendasi sejumlah nama calon kepala daerah yang akan bertanding pada September mendatang.

Diketahui kedua partai ini mendapatkan perolehan kursi yang cukup bersaing di beberapa daerah yang akan ikut serta dalam pilkada Sulsel, bahkan masing-masing mempunyai peluang untuk mengusung kandidatnya tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Adapun daerah yang keduanya memiliki peluang untuk mengusung calonnya sendiri adalah di Kabupaten Barru. Diketahui bahwa di Kabupaten ini, Nasdem dan Golkar sama-sama mendapatkan lima kursi.

Dari sejumlah nama yang diusung oleh Golkar pada Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel dan Tim IX Penjaringan Cakada Golkar Sulsel terdapat  nama Malkan Amin yang direkomendasikan ke DPP Golkar untuk pilkada Barru.

Diketahui bahwa status Malkan Amin sekarang tak lain adalah kader Nasdem Sulsel yang tidak mendapatkan rekomendasi dari partainya, karena Nasdem yang lebih dulu mengumumkan rekomendasi paslon telah mengusung Suardi Saleh Ketua DPD Nasdem Barru untuk maju kembali di pilkada Barru.

Majunya Malkan Amin di pilkada Barru dengan bekal  rekomendasi Golkar secara tidak langsung akan mempertemukan sesama kader Nasdem untuk sama-sama merebut kursi kosong satu di Barru.

Melihat fakta tersebut Indonesia Development Engineering Consultant ( ide-c) menilai bahwasanya arena kontestasi pilkada Barru ke depan hanya akan di dominasi  oleh kedua partai ini,  karena meskipun berangkat dengan menggunakan kendaraan partai yang berbeda untuk menuju pilkada, semua kandidat pada dasarnya tetap masih berasal dari akar yang sama.


Penulis : ona mariani
Editor : ABR
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com