Rabu, 23 Agustus 2017

Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, Makassar Tuai Pujian Jokowi

2 minggu yang lalu | 1:32 pm
Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, Makassar Tuai Pujian Jokowi

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (21/7/2017) – Presiden RI Joko Widodo kembali melayangkan pujian kepada Kota Makassar, atas pertumbuhan ekonomi yang mencapai 7,9 persen di tahun 2016.

Di hadapan peserta Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diikuti kepala daerah se-Indonesia. Presiden Jokowi menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Makassar tertinggi di dunia.

“Sangat sulit sekali bisa mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 7,9 persen. Terutama di tengah ekonomi global yang merosot, dan ekonomi dunia yang tidak stabil,” kata Jokowi.

Melalui kesempatan itu, ia mendorong bupati, wali kota, dan gubernur lainnya untuk bekerja lebih giat, agar mampu meraih pertumbuhan ekonomi yang tinggi seperti yang dicapai Kota Makassar.

Rakornas TPID dihelat di hotel Sahid, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2017. Sebelumnya, saat membuka Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional di lapangan Karebosi, Makassar. Presiden yang populer dengan blusukan itu, juga memuji tingkat pertumbuhan ekonomi Makassar.

Sementara Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengungkapkan, prestasi yang dicapai Kota Makassar, bukanlah hal mudah. Apalagi ditengah lemahnya kondisi perekonomian dunia.

Namun, berkat upaya mendorong kemandirian ekonomi rakyat lewat program pemberdayaan ekonomi masyarakat, yakni melalui pembenahan ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Khususnya yang bermukim di lorong-lorong. Seperti program Lorong Garden (Longgar), Badan Usaha Lorong (BULo), Lorong KB, dan Lorong Sehat.

“Memberdayakan masyarakat harus menyentuh seluruh aspek kehidupan. Bukan hanya ekonomi, namun juga kesehatan dan pendidikan,” kata Danny.

Terbukti, BULo yang digagas Danny setahun lalu, teruji mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Hasil penjualan cabai BULo dimanfaatkan masyarakat untuk deposito pendidikan anak lorong, pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga.

BULo juga berperan dalam mengendalikan inflasi dalam negeri. Masih segar dalam ingatan, di bulan Ramadan hingga jelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, Makassar mengalami deflasi di musim inflasi.

Pujian yang dilontarkan Presiden Jokowi kepada wali kota Makassar menjadi bukti jika pemerintah pusat (kepala negara) memiliki perhatian terhadap capaian prestasi kota – kota di Indonesia.

“Ini (pujian) menjadi motivasi yang sangat kuat bagi kita (pemerintah kota) untuk terus membangun negeri dari timur Indonesia,” pungkas Danny.
Area lampiran


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com