Selasa, 21 November 2017

Permainan Tradisional asal Makassar Hadir di Theme Park TSM

6 bulan yang lalu | 11:40 am
Permainan Tradisional asal Makassar Hadir di Theme Park TSM

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/4/2017) – Trans Studio Park Makassar, salah satu tempat wisata indoor terbesar kedua dari Trans Studio Park Bandung, terus bertransformasi dengan menghadirkan Akkarena Ri Trans Studio, atau permainan tradisional khas Makassar.

Adapun permainan tradisional yang dihadirkan diantaranya, accangke bulang-bulang, patte-patte, Mallongga (engran), asing-asing, Maddende atau dende-dende, lambasena dan lompat karet.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rusmayani Majid mengatakan, Akkarena Ri Trans ini merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah susah didapati. Namun, kali ini pihak Trans Studio Park kembali menghadirkannya.

“Saya harap permainan tradisional yang sangat familiar di masa lalu ini bisa menjadi salah satu indikator untuk menarik wisatawan datang ke Makassar,” ujar Rusmayanti, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, untuk menarik wisatawan masuk ke Makassar tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tapi seluruh lapisan masyarakat. Karena dengan banyaknya wisatawan yang masuk ke Makassar, maka secara otomatis meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat kita.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan Makassar Andi Abdillah Bau Sawa mengaku senang jika permainan tradisional yang pernah berjaya di masanya itu bisa dimunculkan kembali.

General Manager TSM Theme Park Luisito Hari Krisanto menuturkan, tujuan menghadirkan permainan tradisional ini, selain untuk memperkenalkannya kepada anak-anak di masa sekarang, juga untuk menarik kunjungan.

“Semua permainan yang ada di Theme Park TSM ini adalah permainan modern, tapi kami juga mengenalkan kepada anak-anak kita kalau ada permainan seperti ini (tradisional) dan itu bisa jadi alternatif anak-anak untuk bermain, dan permainan tradisional ini akan dipatentkan. Kita lihat saja dari antusias anak-anak dengan adanya permainan ini,” tutupnya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com