Jum'at, 24 Mei 2019

Peringati HPSN, Danny: Pengendalian Sampah Jauh Lebih Penting

2 bulan yang lalu | 3:32 pm
Peringati HPSN, Danny: Pengendalian Sampah Jauh Lebih Penting

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (24/2/2019) – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto membuka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di TPS3R Pesantren Darul Aman, Jalan KH Abd Jabbar Asyiri, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Minggu (24/02/2019).

Melalui momen ini, Danny Pomanto mengatakan, HPSN yang dicanangkan Presiden Jokowi sejalan dengan program Makassar Tidak Rantasa (MTR).

Sesuai dengan tema kegiatan, yakni kelolah sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai, lanjutnya, juga sangat relevan dengan MTR dalam mengurangi dan bahkan menjadikan Makassar bebas sampah khususnya sampah plastik.

“Ada orang bertanya, kenapa Makassar belum mendeklarasikan Makassar Bebas Plastik. Kami lebih kepada paham bahwa plastik itu harus dikendalikan. Karena yang lain itu tidak ada bank sampahnya. Kalau Makassar bebas sampah, apakah kita siap bebas plastik? Tetapi yang harus kita buat adalah bagaimana plastik itu tidak mencemari lingkungan. Pengendalian plastik itu jauh lebih penting dari gerakan bebas plastik itu,” jelas Danny Pomanto.

Dia pun memuji bank sampah TPS3R tersebut. Menurutnya, pengelolaan sampah saat ini, umumnya di Kota Makassar sudah bernilai ekonomis.

Hadir pula Wakapolda Susel, Brigjen Pol Adnas dalam peringatan HPSN ini beserta istri serta 300 personel Polda Sulsel. Dikesempatan ini Adnas menyebutkan, hal ini sejalan dengan instruksi Kapolri Tito Karnavian.

Tito Karnavian, kata dia, mengimbau kepada seluruh aparat kepolisian agar selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan terkait penanganan sampah dan kebersihan.

“Mohon beri tahu kami, jika ada kegiatan-kegiatan seperti ini kami pasti hadir, dimana pun tempatnya,” katanya.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com