Senin, 22 Oktober 2018

Penting! Tips Menginap di Makassar dengan Koper Hingga Ransel

2 tahun yang lalu | 4:33 am
Penting! Tips Menginap di Makassar dengan Koper Hingga Ransel

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (7/2/2016) – Makassar tak cukup dijelajahi selama satu hari. Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini punya beragam destinasi, dari pantai dan pulau cantik hingga benteng bersejarah. Mau mencari hotel di Makassar? Ini panduannya!

Makassar adalah destinasi wisata yang lengkap. Bagi pecinta pantai berpasir putih dan lautan jernih, Anda bisa pergi ke Pulau Samalona. Mau seru-seruan bareng keluarga, Anda bisa datang ke Trans Studio Makassar. Jika ingin melihat benteng yang kokoh nan bersejarah, jelajahlah Benteng Fort Rotterdam.

Asyiknya, Makasaar juga punya beragam hotel bagi wisatawan. Tinggal pilih sesuai bujet, mau menginap di hotel melati atau bintang lima. Setiap hotelnya pun punya fasilitas berbeda-beda.

Berikut penginapan ala koper hingga ransel di Makassar:

1. Koper

Bagi Anda traveler yang bergaya koper, Makassar punya beberapa hotel bintang empat dan lima yang terkenal. Fasilitas di dalamnya pun mampu memanjakan Anda bagikan raja.

Hotel Sahid Jaya Makassar merupakan hotel bintang 5 yang terletak di Jl DR Sam Ratulangi No 33, Makassar. Harga kamar paling murah adalah tipe deluxe seharga Rp 1,1 juta. Untuk kamar paling mahal, adalah President Suite dengan kocek Rp 11 juta per malamnya.

“Kita ada kolam renang dan juga tempat massage untuk tamu. Hotel ini ramai didatangi wisatawan dari luar Makassar. Banyak juga turis asal negera tetangga, Malaysia yang sering menginap di sini,” ujar operator hotel, Ina Amelia, Minggu (7/2/2016).

Satu hotel bintang lima lainnya adalah Hotel Imperial Aryaduta Makassar. Letaknya berada di Jl Somba Opu nomor 297, Makassar. Ada 8 tipe kamar di sini dengan kamar yang paling mewah adalah Imperial Suite dengan biaya menginap per malamnya adalah Rp 8 juta.

“Fasilitas untuk Imperial Suite adalah gratis internetan di kamar, fitness, spa, berenang di swiming pool, dan sauna untuk dua orang,” ujar resepsionis Hotel Imperial Aryaduta Makassar, Ella.

Tidak hanya fasilitas atau kemewahan saja, hotel ini rupanya juga dekat dengan tempat-tempat wisata. “Kita dekat dengan Pantai Losari, Pulau Kayangan, dan Pulau Lae-lae,” tambah Ella menjelaskan.

Tipe kamar paling murah di Hotel Imperial Aryaduta Makassar adalah superior dengan harga Rp 865 ribu. Hotel ini rupanya menjadi tempat favorit para traveler bergaya koper dari Jakarta. “Hampir 75 Persen tamu kita berasal dari luar negeri, banyak juga yang dari Jakarta,” tegas Ella.

Masih belum cukup? Grand Clarion Hotel juga wajib masuk daftar traveler bergaya koper. Hotel ini lokasinya di tengah kota, tepatnya di Jl Andi Pangeran Pettarani No 3, Makassar.

“Kamar paling mahal di sini yaitu President Suite dengan harga Rp 14 juta. Fasilitas di dalamnya ada kamar yang luas dengan ruang tamu, ruang kerja, dua ruang TV, dan bathtub yang besar di kamar mandi,” kata staff reservasi kamar, Ayu.

Yang unik dari hotel ini, adalah adanya kamar dengan tipe Honeymoon Suite atau biasa disebut Kamar Pengantin. Kamar ini dikhususkan bagi pasangan traveler yang baru menikah. Ada apa ya di dalamnya?

“Khusus Kamar Pengantin, tidak ada pembatas antara ruang tamu dan tempat tidur. Yang spesial, di dekat kamar tidur terdapat kamar mandi yang transparan. Jadi bisa kelihatan begitu mas, biasalah kalau pengantin baru,” kata Ayu.

Untuk Kamar pengantin ini, Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 2,4 juta per malamnya. Baiknya Anda memesan dari sekarang, karena kamar tersebut biasanya penuh saat high season.

2. Ransel

Selain punya banyak hotel mewah, rupanya Makassar juga merupakan kota yang ramah bagi bacpacker. Terang saja, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini punya banyak hotel low budget. Kisaran harganya mulai dari Rp 100 sampai Rp 200 ribu-an.

Ada banyak hotel dengan kisaran biaya menginap Rp 200 ribuan yang bisa Anda datangi. Di dekat Trans Studio Makassar, Anda bisa bermalam di Baji Gau Hotel. Hotel ini beralamat di Jl Baji Gau No 32, Makassar.

“Harga paling murah di sini Rp 220 ribu per malam. Sudah dapat breakfast dan fasilitas seperti AC dan TV,” kata respsionis Baji Gau Hotel, Rian.

Selain itu, ada juga Hotel Bontecinde di Jl Sungai Saddang No 66 Makassar. Biaya menginap paling murahnya adalah Rp 242 ribu dan paling mahal hanya Rp 300 ribu. Asyiknya, hotel ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Pantai Losari.

“Kalau hari Sabtu dan Minggu hotel kami selalu ramai dari wisatawan luar daerah,” ujar respsionis Hotel Bontecinde, Hari.

Salah satu hotel low budget lainnya yang terkenal di kalangan traveler dalam dan luar negeri adalah Kanaka Giana. Hotel ini terletak di Jl Bandara Hasanuddin Lama No 34 Mandai, Maros. Asyiknya, hotel ini hanya terletak sekitar 10 menit dengan naik mobil dari Bandara Sultan Hasanuddin International Airport.

“Bisa dibilang kami memang hotel langganan para backpacker. Tamu kami juga banyak dari luar negeri seperti dari Brazil dan Spanyol,” ungkap bagian respsionis Kanaka Giana, Mardiati.

Harga per malam di hotel ini adalah Rp 195 ribu saja. Meski murah, tapi fasilitasnya tidak murahan. Di dalam kamar terdapat satu TV LCD, AC, air hangat, dan spring bed. Para tamu yang menginap juga mendapat sarapan gratis. Hotel ini dekat dengan Taman Nasional Bantimurung, yang terkenal dengan kupu-kupunya. Para traveler yang mau ke Toraja, biasanya juga bermalam di sini.

“Kita ada 14 kamar, dan selalu ramai tiap hari. Baiknya kalau mau menginap, bisa telepon dulu atau booking via internet,” kata Merdiati.

Hotel murah lainnya dengan kisaran harga Rp 100 ribuan adalah Makassar Guest House. Biaya per malam untuk menginap di sini adalah Rp 185 ribu. Makassar Guest House terletak di Jl Hertasning Raya No 58, Makassar.

“Fasilitas kamarnya ada TV kabel, AC, dan air hangat. Hotel kita dua tingkat, jarak dari bandara ke sini tak jauh hanya 20 menit,” ujar respsionis Makassar Guest House, Samson.

Jadi, apa pilihan tempat bermalam Anda? Koper atau Ransel? (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com