Senin, 22 Oktober 2018

Peneliti LSI Sayangkan Sikap SBY

4 tahun yang lalu | 2:19 pm
Peneliti LSI Sayangkan Sikap SBY

Baca Juga

JAKARTA, WARTATIMUR.COM – Demokrat telah menentukan sikap terhadap RUU Pilkada dengan mendukung pilkada langsung oleh rakyat, Kamis (18/9). Namun, hal tersebut tidak disampaikan oleh Presiden SBY langsung. Presiden mengintruksikan Ketua Harian DPP Demokrat Syarief Hasan untuk menyampaikan sikap Demokrat.

Seorang peneliti LSI Ardian Sopa, Kamis, menyayangkan sikap SBY itu. Menurutnya, pengaruh Syarief Hasan masih belum sekuat SBY, sehingga ia mengkhawatirkan akan ada kader yang membelot pada saat pengambilan keputusan nanti.

Namun keputusan Demokrat itu membuat peta politik berubah dan mayoritas fraksi di DPR RI pun berbalik memilih pilkada langsung oleh rakyat. Demokrat mengaku pilkada langsung merupakan penghormatan atas nilai-nilai demokrasi Indonesia.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengadakan survei terkait pandangan masyarakat terhadap pengesahan RUU tentang mekanisme pilkada yang santer dibahas. Ada dua opsi yang tengah dibahas DPR, yakni pilkada langsung oleh rakyat atau pilkada tidak langsung melalui DPRD.

Hasil yang dirilis Kamis (18/9) menyatakan banyak rakyat yang menganggap peran Presiden SBY dalam RUU tersebut cukup besar, melebihi peran DPR. Bahkan, mayoritas publik menyalahkan Presiden SBY bila pilkada melalui DPRD pada akhirnya disahkan DPR.

Jumlah publik yang merasa seperti itu mencapai 83,07 persen. Sedangkan publik yang menganggap sebaliknya hanya 13,41 persen dan yang tidak tahu atau tidak menjawab ada 3,52 persen. (NM)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com