Minggu, 19 Agustus 2018

Peneliti Jepang Teliti Anggrek dan Padi Sulsel di Unhas

4 tahun yang lalu | 7:12 am
Peneliti Jepang Teliti Anggrek dan Padi Sulsel di Unhas

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Sejumlah peneliti dari Jepang melakukan penelitian mengenai tumbuhan di Indonesia yang menjadi komuditas berharga jika dapat dikembangkan. Peneliti yang berjumlah empat orang tersebut tiba tanggal 14 Desember lalu di Sulsel. Mereka melakukan penelitian mengenai varietas Padi di Maros dan Tanaman anggrek yang ada di Galeri Tanaman Unhas.

Keempat peneliti tersebut yakni Tomonari Hirano Ph.D, Professor Kinya Toriyama, Masahiro Mii Dr Agr, dan Dr. Tadashi Sato. Mereka merupakan peneliti yang berasal dari lembaga penelitian Riken Inovation Center yang merupakan pusat penelitian yang dibentuk pemerintah jepang guna meneliti pengembangan berbagai varietas yang mampu dikembangkan di negara yang beriklim dingin tersebut.

“Mereka memiliki mesin yang hanya ada dua di dunia, dengan mesin tersebut dapat melahirkan varietas baru untuk tanaman jenis padi. Mereka saat ini meneliti padi yang ada di Sulsel karena mampu panen sebanyak lima kali setahun sedangkan di negara mereka, padi hanya di panen satu tahun sekali,” ungkap Marcel pendamping keempat peneliti ini, Jumat (20/12).

Sebelum tiba di Unhas untuk melakukan seminar internasional, mereka terlebih dahulu telah melakukan kunjungan ke Leang-Leang, Maros, mengenai padi di sana. Kemudian ke Pare-Pare dan terakhir Ke Tana Toraja.

Menurut Tadashi Sato, yang merupakan koordiantor peneliti di pusat penelitian Riken, anggrek yang tumbuh di Indonesia sangat berbeda dengan yang berada di negaranya “Anggrek in indonesia different, in here very unique,” ungkap Tadashi. Jum’at (20/12)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com