Rabu, 23 Agustus 2017

Pemkot Makassar Pecat Oknum Honorer yang Jadi Muncikari

2 minggu yang lalu | 1:13 pm
Pemkot Makassar Pecat Oknum Honorer yang Jadi Muncikari

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (26/7/2017) – Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan mengambil sikap tegas terhadap oknum pegawai honorer yang terlibat kasus prostitusi. Usai tertangkap Selasa lalu, yang bersangkutan langsung dipecat.

Sebelumnya, Selasa, 25 Juli, Polda Sulsel mengumumkan tertangkapnya tiga pelaku kasus prostitusi online. Mereka diduga bertindak sebagai mucikari yang beroperasi melalui media sosial Whatsapp. Salah satunya, BM alias UJ, 24, diketahui sebagai pegawai honorer di Dinas Lingkungan Hidup Makassar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Makassar Andi Gani Sirman membenarkan BM sebagai honorer di tempatnya. Namun sejak tertangkap, dia dinyatakan tidak lagi bertugas.

“Kami sudah berhentikan dia,” kata Gani Sirman di Makassar, Rabu, 26 Juli 2017.

Gani menyatakan perbuatan BM merupakan tindakan yang mencoreng institusi. Sanksi tegas berupa pemecatan dianggap langkah yang paling tepat. Keputusan tersebut juga telah dilaporkan kepada Wali Kota Danny Pomanto.

“Sebenarnya kami juga cukup kaget saat disebutkan ada salah satu pegawai honorer yang terlibat. Tapi kami sudah pecat,” ujarnya.

Para pelaku muncikari prostitusi online diketahui menawarkan jasa wanita PSK seharga Rp1,5 Juta. Untuk durasi yang lebih lama, tarif bisa mencapai Rp3 Juta. Dari sekali transaksi, para mucikari mendapatkan jatah Rp500 Ribu.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, pelaku punya pelanggan dari berbagai kalangan. Keuntungannya dalam sebulan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hubungan badan biasanya dilakukan di hotel yang ditanggung para pelanggan.

Tiga mucikari yang diamankan dijerat dengan Pasal 2 dan 12 Undang-undang Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. “Hukumannya penjara maksimal 12 tahun,” kata Dicky. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com