Selasa, 20 November 2018

Pemkot Makassar Pastikan Pembayaran THR dan Tunjangan Keluarga ASN

4 bulan yang lalu | 11:58 am
Pemkot Makassar Pastikan Pembayaran THR dan Tunjangan Keluarga ASN

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (5/6/2018) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengalami defisit sampai Rp 7 miliar untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk 11.045 Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kendati demikian, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Abdul Rasyid mengatakan, telah mendapatkan dana tambahan untuk menutupi kekurangan anggaran tersebut.

Kekurangan anggaran tersebut, kata Rasyid lantaran tahun ini ada penambahan anggaran berupa tunjangan keluarga. Sementara, dana THR yang disediakan pemerintah hanya untuk membayar satu bulan gaji pokok seperti tahun-tahun sebelumnya atau senilai Rp42 miliar.

“Sudah cukup THR-nya, yang Rp7 miliar itu diambil dari dana tak terduga dan dana kres (dana antisipasi),” singkatnya.

Dia melanjutkan, THR tersebut dipastikan akan cair dalam waktu dekat. Pasalya, seluruh SKPD telah merampungkan surat perintah membayar (SPM). Bahkan, berkas tersebut sudah disetorkan ke Bank Sulselbar.

“Sudah rampung, sudah diproses di BPD (Bank Sulselbar). Tinggal bank yang kirim ke rekening ke seluruh ASN,” tutupnya.

Sebelumnya, Mendagri dalam hal ini sudah menyebarkan surat edaran pemberian penghasilan tambahan melalui sumber APBD melalui Surat Mendagri kepada Gubernur dengan nomor 903/3386/SJ dan juga kepada bupati/wali kota dengan nomor surat 903/3387/SJ.

Dalam surat edaran itu juga disebutkan daerah yang belum menyediakan anggaran THR dan Gaji ke 13 dalam APBD Tahun 2018, agar segera menyediakan anggaran.

Ada tiga cara yaitu penggeseran anggaran yang dananya bersumber dari Belanja Tidak Terduga, penjadwalan ulang kegiatan atau menggunakan kas yang tersedia. (*)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com