Minggu, 15 Desember 2019

Pemkot Makassar Jalin Kerja Sama Sister City dengan Gold Coast Australia

2 bulan yang lalu | 11:08 am
Pemkot Makassar Jalin Kerja Sama Sister City dengan Gold Coast Australia

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (16/9/2019) – Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb menandatangani nota kesepahaman (MoU) sebagai bentuk kerjasama Sister City bersama Wali Kota Gold Coast, Mr Cr Tom Tate di Kota Gold Coast, Quensland, Australia, Senin (16/9/2019).

Kepala Sub Bagian Kerjasama dan Investasi, Najiran Syamsuddin menjelaskan, kedua pemerintahan tersebut bersepakat menjalin kemitraan untuk meningkatkan kesejahteraan dan penyediaan layanan publik lebih baik. Dimana kerjasamanya terangkum dalam empat lingkup kerjasama.

“Kedepannya, kedua belah pihak melalui instansi terkait yang ditunjuk para pihak dan/atau pihak swasta, akan melanjutkan berkolaborasi dengan para pihak dan lembaga afiliasinya dalam satu atau lebih bidang kerja sama,” tutur Najiran.

Adapun beberapa sektor yang dikerjasamakan, yakni di sektor lingkungan yang meliputi pengolahan limbah, pengembangan sistem pengelolaan pencemaran tanah, air, udara, dan kerusakan lingkungan karena dampak pembangunan dan sistem analisis dampak lingkungan.

Selanjutnya, pengembangan ekonomi kreatif yang meliputi promosi dagang, promosi budaya, dan pengembangan usaha kecil menengah. Kemudian, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang meliputi pertukaran pelajar, pengembangan sumber daya manusia untuk tenaga pendidik/guru atau pegawai negeri sipil, pengembangan pemuda dan olah raga.

Terakhir di sektor pariwisata yang meliputi pengembangan sistem pariwisata terpadu dan pengelolaan kawasan wisata serta promosi pariwisata.

“Pasca MoU akan langsung ditindaklanjuti dengan kerjasama bidang pendidikan dan bidang pengembangan investasi pariwisata dan kepulauan,” tambah dia.

Najiran menuturkan, usai MoU tersebut rombongan Pemkot Makassar berkesempatan berkunjung ke Department Pariwisata Kota Gold Coast terkait potensi kerjasama Pariwisata Gold Coast Dan Makassar. Selanjutnya rombongan mengunjungi water treatment facilities untuk potensi kerjasama pengolahan air.


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com