Selasa, 20 November 2018

Pemkot Makassar Galang Dana untuk Bantuan Korban Gempa Lombok

2 bulan yang lalu | 3:40 am
Pemkot Makassar Galang Dana untuk Bantuan Korban Gempa Lombok

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (18/8/2018) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar beberapa waktu lalu telah mengeluarkan surat edaran penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan bahwa bantuan ini sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas pemerintah kota atas musibah yang menimpa masyarakat Lombok.

Dia juga telah mengimbau seluruh masjid untuk melakukan salat gaib guna mendoakan ratusan korban meninggal dunia atas bencana gempa dengan kekuatan 7 SR, Minggu (05/08/2018) lalu.

“Kami sudah mengimbau dan mambuat edaran. Pertama salat gaib, dan kedua semua celengan masjid dikumpulkan untuk korban gempa di Lombok,” aku Danny Pomanto, Jumat (17/08/2018).

Sekadar diketahui hingga saat ini, dana yang berhasil dikumpulkan pemerintah kota sebesar Rp157 juta,namun diperkirakan sumbangan masyarakat Kota Makassar untuk korban di Lombok masih akan terus bertambah.

Dana itu nantinya akan disalurkan melalui Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS). Bahkan, Danny berencana akan mengantarkan langsung bantuan tersebut, pasalnya jumlah masyarakat Sulawesi Selatan yang menjadi korban gempa di Lombok tidak sedikit.

“Laporan terakhir kita mendapatkan Rp157 juta, dan kita akan kumpulkan lagi. Saya berencana akan antar sendiri kesana, karena banyak masyarakat Sulawesi Selatan di Lombok,” kata Danny Pomanto.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Kota Makassar, Aswis Badwi, menambahkan bahwa dana Rp157 juta yang berhasil terkumpul hingga saat ini tidak hanya berasal dari masjid-masjid di Kota Makassar, melainkan juga dari sumbangan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ini (sumbangan) dari SKPD, Camat, Lurah, Masjid dan ada juga dari masyarakat. Tapi kita masih tunggu dari teman-teman yang mau menyumbang, karena masih ada beberapa yang belum jadi kita masih menunggu,” ujarnya.

“Kita tunggu perintah walikota (kapan disalurkan), tapi Insya Allah bulan ini. Kita juga sudah berkoordinasi dengan KKSS soal lokasi yang akan dituju. Ini kita nanti kasih tunai (bantuan), tapi kemarin (beberapa waktu lalu) kita sudah kasih empat dos baju layak pakai yang diberikan oleh masyarakat dan kita berika ke KKSS untuk segera di kirim,” kunci Aswis. (*)


Penulis : Nafli Mas'ud
Editor : Nafli Mas'ud
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com