Jum'at, 24 November 2017

Pemkot Makassar Buka Sayembara Parkir Bawah Tanah di Slamet Riyadi

2 minggu yang lalu | 4:07 am
Pemkot Makassar Buka Sayembara Parkir Bawah Tanah di Slamet Riyadi

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM (25/10/2017) – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menyelenggarakan sayembara desain parkir bawah tanah yang akan dibangun di bawah Taman Slamet Riyadi Kota Makassar.

Pembangunan tersebut sebagai upaya untuk mengakomodir kebutuhan parkir area perkantoran dan balaikota, di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

“Ini langkah kita bagaimana agar parkiran disekitar balaikota lebih tertata dan tidak semrawut seperti sekarang,” kata Kepala Bidang Teknik PU Makassar, Ansuard, Rabu (25/10/2017).

Selain itu, rencananya pembangunan parkiran bawah tanah tersebut sebagai salah satu solusi sistem sirkulasi kendaraan di permukaan, ruang terbuka hijau, instalasi pengelolaan air limbah, dan konservasi gedung balaikota, tanpa mengubah kearifan lokal Kota Makassar.

Jumlah bangunan minimal 3 lantai pada permukaan jalanan dengan ketinggian maksimum 12 meter. Konsep desain harus orisinil dan tidak mengadopsi dari gedung-gedung lain, mampu mengakomodir ruang terbuka hijau, terbuka publik dan kebutuhan parkir maksimal disekitar lokasi.

Desain layout Satuan Ruang Parkir mencerminkan efisiensi penggunaan ruang, fleksibel, desain yang terintegrasi dengan sistem struktur, mekanikal dan elektrikal serta perawatan bangunan yang tepat guna dan efesien.

Penyediaan aksesibilitas bagi para difabel baik di area dalam dan luar bangunan serta lingkungannya. Konsep energy berbasis Green Building. Dan total kebutuhan luasan bangunan dan kebutuhan biaya secara umum dihitung dan dianalisis oleh peserta, serta kedalaman design bersifat skematik.

Pendaftaran sayembara tersebut dibuka paling lambat hingga 15 November 2017, mendatang. Setiap peserta bisa mengajukan lebih dari satu karya dengan melakukan pendaftaran yang berbeda.

Peserta memasukkan karya di sekretariat di Kantor Dinas PU Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, setiap hari kerja sejak 23 Oktober 2017 hingga 10 Desember 2017.

Mereka yang bisa mendaftar sebagai peserta adalah mahasiswa arsitektur, arsitek, konsultan, lembaga/badan usaha, profesional dan akademisi.

“Peserta dari kalangan pelajar harus dari bidang studi arsitek, bisa kelompok atau perorangan tapi harus didampingi oleh satu dosen. Kalau profesional itu bisa sendiri bisa kelompok tapi maksimal 3 orang, dan ketua kelompok harus yang memiliki sertifikat,” jelasnya.

Ansuard menjelaskan, peserta bisa mendaftarkan diri secara langsung di sekretariat panitia sayembara atau bisa juga mengirim formulir pendaftaran melalui link sekretariat.iai@gmail.com, penghargaaniai@gmail.com.

Kedua, peserta kemudian mengirimkan email formulir pendaftaran kepada panitia penyelenggara di alamat sekretariat.iai@gmail.com, penghargaaniai@gmail.com dengan melengkapi form yang tersedia,

“Setiap peserta harus menyampaikan format desain, dimana ide tersebut dituangkan dalam kertas ukuran A4 yang berisi uraian konsep perencanaan dan filosofis. Perserta juga mencantumkan 10 lembar gambar dalam kertas plano ukuran A2. Peserta juga harus melampirkan softcopy desain dalam bentuk CD maupun flashdisk,” lanjutnya.

Lanjut dia, peserta yang mengikuti sayembara tidak dipungut biaya atau gratis. Desain yang dipaparkan tidak boleh desain yang sudah dipublikasikan sebelumnya, atau dengan kata lain desain yang belum pernah diikutsertakan dalam sayembara.

Identitas peserta dimasukkan kedalam amplop tertutup dan disatukan dengan amplop karya berwarna coklat dan diantarkan langsung ke pihak panitia.

Mereka yang terpilih sebagai pemenang untuk kategori pelajar mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 juta untuk pemenang pertama, dan Rp 10 juta untuk pemenang kedua. Sementara, untuk kategori profesional mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta untuk pemenang pertama dan Rp 25 juta untuk pemenang kedua.

“Pemenang harus siap dilibatkan dalam tim yang ditunjuk pemerintah, untuk melanjutkan ke tahap perencanaan berikutnya,” tutupnya.(**)


Penulis : Asri Abdullah
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com