Senin, 22 Oktober 2018

Pemerintah Mulai Jalankan Program PKPP

4 tahun yang lalu | 5:23 am

Baca Juga

MAKASSAR, WARTATIMUR.COM – Pemerintah Indonesia dan Malaysia mulai menjalankan Program Khas Pengurusan PATI (PKPP), pada 21 Oktober 2013 hingga 20 Januari 2014. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan status ketenagakerjaan Pekerja Asing Tanpa Izin (PATI) yang bekerja di Malaysia menjadi tenaga kerja legal.

Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga kerja (Binapenta) Kemnakertrans, Reyna Usman, mengungkapkan, kesempatan untuk melengkapi dokumen bagi majikan dan TKI sehingga menjadi TKI yang legal harus dimanfaatkan secara optimal.

“Kesempatan waktu bagi majikan dan TKI untuk melengkapi dokumen kerja agar menjadi TKI yang legal harus dimanfaatkan secara optimal oleh TKI yang bekerja di Malaysia,” ucap Reyna.

Program PKPP ini merupakan salah satu hasil hasil pertemuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia, Dato Seri Ahmad Zahid bin Hamidi di Putrajaya, Malaysia pada Kamis (26/9).

Reyna mengatakan, program PKPP ini merupakan solusi atas kebijakan 6P yang telah dijalankan Malaysia. Kedua pemerintahan telah sepakat untuk bersama-sama mencari solusi memperbaiki sistem penempatan dan perlindungan TKI.

Reyna juga menuturkan, KBRI di Kuala Lumpur telah membuka layanan dengan menyiapkan ruang aula yang berkapasitas 400 untuk melayani PATI untuk melakukan pengurusan dokumen.

“Berdasarkan laporan, KBRI Kuala lumpur telah membuka layanan dengan menyiapkan ruang Aula yg berkapasitas 400 orang untuk memberi layanan kepada PATI untuk melakukan pengurusan dokumen. Namun sayangnya dari kemaren sampai pagi ini (22/10), BELUM ada satupun PATI Indonesia yg memanfaatkan kesempatan tersebut,” ujar Reyna. (Ir)


Penulis : Irlan
Editor : Asri Abdullah
Copyright © 2013 Warta Timur, All Rights Reserved. Jalan Politeknik, Makassar .
Design by Wartatimur.com